Comscore Tracker

3 Fakta Menarik Usai Senegal Bekuk Ekuador di Piala Dunia 2022

Senegal tembus babak 16 besar Piala Dunia 2022

Jakarta, IDN Times - Senegal keluar sebagai pemenang dalam laga penentuan kontra Ekuador di Piala Dunia 2022. Skuad Lions of Teranga mampu meraih kemenangan dengan skor 2-1 dalam duel yang digelar di Stadion Internasional Khalifa, Selasa (29/11/2022) malam WIB.

Hasil ini memastikan Senegal menyusul Belanda lolos ke babak 16 besar sebagai perwakilan Grup A. Mereka melaju ke fase selanjutnya dengan status runner-up Grup A.

Hasil ini membawa Senegal untuk kedua kalinya dalam sejarah menembus babak knock out. Selain fakta tersebut, inilah beberapa fakta menarik yang lahir usai Senegal mengalahkan Ekuador.

1. Drama kemenangan dalam tiga menit

3 Fakta Menarik Usai Senegal Bekuk Ekuador di Piala Dunia 2022Kalidou Koulibalu mencetak gol untuk Senegal di laga kontra Ekuador di penyisihan Grup A Piala Dunia 2022 (Twitter.com/FIFAWorldCup)

Senegal memimpin dengan skor 1-0 di babak pertama. Ismaila Sarr mencetak gol pertama untuk Senegal usai sukses mengeksekusi penalti di menit ke-44.

Di babak kedua, Ekuador menyamakan kedudukan lewat Moises Caicedo di menit ke-67. Namun, euforia hasil seri sementa ini tak bisa berlangsung lama.

Hanya butuh waktu tiga menit untuk Senegal kembali memimpin lewat tendangan sang kapten, Kalidou Koulibalu di menit ke-70. Gol ini jadi gol terakhir yang tercipta sepanjang laga.

Senegal memastikan kemenangan 2-1 kontra Ekuador.

Baca Juga: Kalahkan Ekuador, Senegal Susul Belanda ke 16 Besar Piala Dunia 2022

2. Tembus babak gugur Piala Dunia setelah 20 tahun

3 Fakta Menarik Usai Senegal Bekuk Ekuador di Piala Dunia 2022Ismaila Sarr mencetak gol untuk Senegal di laga kontra Ekuador di penyisihan Grup A Piala Dunia 2022 (Twitter.com/FIFAWorldCup)

Keberhasilan Senegal menembus babak gugur Piala Dunia 2022 mencetak sejarah lagi. Ini jadi kali pertama mereka kembali lolos dari fase penyisihan dalam dua dekade terakhir. Sebelumnya, mereka lolos ke babak gugur saat mentas di Piala Dunia 2002.

Menariknya, pelatih Senegal, Aliou Cisse, kala itu masih memimpin sebagai kapten Senegal. Hal itu membuat dia masuk dalam sejarah negara itu di Piala Dunia saat jadi pemain dan pelatih.

3. Rekor gemilang Koulibaly di babak penyisihan Piala Dunia 2022

3 Fakta Menarik Usai Senegal Bekuk Ekuador di Piala Dunia 2022Timnas Senegal jelang laga vs Ekuador di penyisihan Grup A Piala Dunia 2022 (Twitter.com/FIFAWorldCup)

Senegal keluar sebagai runner-up Grup A Piala Dunia 2022. Senegal mengumpulkan total enam poin usai mencatat dua kemenangan dan satu kekalahan sepanjang babak penyisihan grup.

Kemenangan terakhir Senegal tak lepas dari penampilan gemilang pemain Chelsea, Kalidou Koulibaly. Dia mampu mencetak gol penentu kemenangan timnya melalui sepakan pada menit 70.

Menariknya, Koulibaly juga mencatakan rekor gemilang selama tampil di babak penyisihan ini. Dia jadi pemain terbanyak yang melakukan clearance di Grup A ajang ini. Dia jadi tembok tangguh senegal yang mengantarkan timnya lolos ke babak gugur.

 

Baca Juga: Belanda Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya