Barcelona Dulang Nyaris 24 Triliun untuk Renovasi Camp Nou

Renovasi dimulai pada 1 Juni 2023

Jakarta, IDN Times - Barcelona berhasil mendapatkan dana besar demi proyek renovasi Camp Nou. Mereka dikabarkan telah mendapatkan modal sebesar 1,45 miliar euro atau setara Rp23,94 triliun.

Dengan begini, proyek renovasi Camp Nou bisa dimulai di awal Juni 2023 mendatang, sesuai rencana awal. Sementara, Barcelona bakal mengungsi ke Montjuic Olympic Stadium dan menjadi kali pertama pindah kandang sejak 1950 silam.

1. Dari mana Barcelona dapat uang?

Barcelona Dulang Nyaris 24 Triliun untuk Renovasi Camp Nouen.as.com

Melansir dari France24, Barcelona mendapatkan uang sebesar itu dari 20 investor yang menanamkan modalnya. Nantinya, Barcelona akan mengembalikan uang para investor dalam kurun waktu yang berbeda, lima hingga 24 tahun.

Proses pengembalian dana investasi baru akan dilakukan setelah renovasi selesai, yakni mulai 2026 mendatang.

Selain Camp Nou, dana itu nantinya digunakan pula untuk memperbaiki sejumlah fasilitas, termasuk kamp latihan tim muda. Setidaknya, dana sebesar 420 juta euro dialokasikan untuk renovasi Palau Blaugrana hingga Johan Cruyff Stadium, kamp tim muda Barcelona putra dan putri.

Baca Juga: Lionel Messi Bawa Banyak Koper ke Barcelona, Liburan atau Balikan?

2. Mengikuti jejak Real Madrid

Barcelona Dulang Nyaris 24 Triliun untuk Renovasi Camp Noufcbarcelona.com

Barcelona akan mengikuti jejak Real Madrid yang sudah merenovasi Santiago Bernabeu terlebih dulu. Ketika Bernabeu direnovasi, memang Madrid harus mengungsi ke stadion yang kapasitasnya lebih kecil, Estadio Alfredo di Stefano.

Diperkirakan, Barcelona tak lama bermarkas di Montjuic Olympic Stadium. Mereka sudah bisa kembali ke New Spotify Camp Nou pada musim 2024/2025 mendatang, tapi kapasitas stadion nantinya tak akan dibuka secara penuh.

3. Sedang berusaha keluar dari krisis

Barcelona Dulang Nyaris 24 Triliun untuk Renovasi Camp NouPemain Barcelona, Frenkie de Jong dan Robert Lewandowski. (barcablaugranes.com)

Proses renovasi Camp Nou diharapkan bisa menjadi katalis buat Barcelona dalam upaya keluar dari krisis finansial. Hingga sekarang, mereka memang masih dibelit masalah tersebut.

Suntikan 20 investor diharapkan bisa memancing sejumlah perusahaan buat menanamkan modalnya, memberi kepercayaan kembali kepada Barcelona. Memang, belakangan kondisinya membaik, imbas dari beberapa kebijakan manajemen, termasuk menjual hak siar dan asetnya.

Baca Juga: Barcelona Semakin Dekat dengan Gelar LaLiga 2022/23

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya