Jelang Piala Dunia U-20, PSSI Izin Sewa Komplek GBK ke Presiden

Lapangan tak hanya digunakan oleh Timnas U-20

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, ikut dalam rapat kabinet terbatas yang digelar Presiden Joko "Jokowi" Widodo, terkait dengan persiapan Indonesia sebagai tuan rumah gelaran Piala Dunia U-20 pada 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Iriawan menyampaikan keinginan PSSI untuk menyewa sejumlah lapangan di Komplek Gelora Bung Karno. Sejumlah tempat itu akan dijadika lokasi pemusatan latihan.

"Kami melaporkan juga ada hal penting lain berkaitan keinginan kami untuk menyewa lapangan A, B, C dan Madya. Itu penting bagi kami di mana nanti kita akan latihan di sana," ujar Ketum PSSI dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (8/9/2022).

 

1. Bukan hanya untuk latihan Timnas U-19

Jelang Piala Dunia U-20, PSSI Izin Sewa Komplek GBK ke PresidenPelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong (berdiri, ketiga dari kiri) sedang memberikan arahan di sela-sela sesi pemusatan latihan Timnas U-19 di Stadion Madya GBK Jakarta pada Kamis (20/8/2020). (Dok. PSSI)

Iwan Bule, begitu Ketum PSSI akrab disapa, menegaskan jika permohonan izin menyewa lapangan yang disebutkan bukan hanya untuk pemusatan latihan Timnas U-19 saja. Diharapkan, cara ini dapat mewujudkan adanya pemusatan latihan Timnas Indonesia di pelbagai level yang tersentralisasi.

"Termasuk juga nanti ada tim senior, U-20, U-23, ada U-8, dan U-16. Di mana nanti kita akan meperlihatkan ke negara luar, nih Indonesia punya tempat TC yang tersentralisasi. Akan membanggakan," kata Iwan Bule.

Baca Juga: Shin Tae Yong Mau Pakai Pemain Keturunan Hadapi Piala Dunia U-20

2. Siap berkontribusi seperti umum

Jelang Piala Dunia U-20, PSSI Izin Sewa Komplek GBK ke PresidenTimnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Selama ini, Timnas Indonesia diberikan tempat di salah satu lapangan Gelora Bung Karno untuk melakukan pemusatan latihan.

Kini, PSSI berharap pengelola bisa memberikan izin kepada Timnas untuk menggunakan beberapa lapangan lagi jelang Piala Dunia U-20 2023.

"Dan kami pun siap berkontribusi mungkin sesuai apa yang dilakukan oleh umum lainnya," kata Iriawa .

3. Jokowi minta venue diperbaiki

Jelang Piala Dunia U-20, PSSI Izin Sewa Komplek GBK ke PresidenANTARA FOTO/Maulana Surya

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali juga turut hadir dalam rapat terbatas tersebut. Disampaikan Menpora Presiden Jokowi meminta agar venue Piala Dunia U-20 segera diperbaiki.

Hal ini mengingat FIFA akan kembali melakukan pengecekan pada akhir Oktober atau awal November 2022 mendatang.

Baca Juga: FIFA Luncurkan Logo Piala Dunia U-20 2023 di HUT ke-77 RI

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya