PSSI Lockdown SUGBK, Persija Harus Jamu Persib di Mana?

Ada alternatif stadion yang bisa digunakan Persija

Jakarta, IDN Times - Persija Jakarta kemungkinan besar harus mencari alternatif stadion untuk pertandingan melawan Persib Bandung. Sebab, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta sudah dikunci dan tak boleh menggelar kegiatan dalam bentuk apapun.

Ketika inspeksi ke SUGBK, Erick mengaku cukup kaget dengan kondisi rumput yang memprihatinkan. Warnanya menguning dan banyak kebotakan di lapangan.

Demi mengembalikan dan menjaga kualitas rumput SUGBK, terpaksa seluruh kegiatan dilarang untuk digelar di sana.

Baca Juga: Erick Thohir: SUGBK Lockdown Hingga Piala Dunia U-20

1. Persija harus main di stadion lain

PSSI Lockdown SUGBK, Persija Harus Jamu Persib di Mana?Ketua Umum PSSI, Erick Thohi tinjau Stadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Persija awalnya berniat untuk mengajukan SUGBK sebagai tempat digelarnya laga kontra Persib, 31 Maret 2023 mendatang. Dengan kebijakan tersebut, sudah dipastikan Persija harus cari stadion lainnya.

"Kami tidak membeda-bedakan, apakah itu hiburan, olahraga, tidak dimungkinkan lagi. Ini bukan masalah pilihan salah dan benar, tapi kebijakan yang harus kami ambil kalau tidak mau gagal," kata Erick saat mengunjuki SUGBK pada Senin (13/3/2023).

2. Proses jahit rumput harus ditunda

PSSI Lockdown SUGBK, Persija Harus Jamu Persib di Mana?Potret Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (IDN Times/Tino).

Sebenarnya, rumput SUGBK harus dijahit jelang Piala Dunia U-20. Tapi, karena kondisinya yang tak memungkinkan, maka harus ditunda. Alhasil, SUGBK mendapat giliran ketiga untuk bisa dijahit dan diperbaiki rumputnya.

"Tadinya, di Jakarta itu harusnya penjahitan urutan pertama. Kami geser jadi nomor tiga urutannya. Bali dulu, lalu Surabaya," ujar Turf and Pitch Management Specialist, Qamal Mustaqim, ditemui pada kesempatan yang sama.

3. Persija bisa pakai dua stadion ini

PSSI Lockdown SUGBK, Persija Harus Jamu Persib di Mana?Foto aerial Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Tak bisa pakai SUGBK, Persija sebenarnya masih memiliki alternatif stadion untuk duel melawan Persib. Beberapa yang bisa dipakai adalah Stadion Pakansari Bogor dan Patriot Bekasi.

Untuk Pakansari, belakangan ini Persib sering memakainya karena memang Stadion Si Jalak Harupat juga diperlakukan serupa dengan SUGBK. Sementara, Persija sebenarnya lebih sering bermarkas di Bekasi sepanjang Liga 1 musim 2022/23.

Baca Juga: Resmi! Duel Persija Vs Persib Digelar 31 Maret di SUGBK

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya