PSSI Tunjuk Frank Wormuth Jadi Konsultan Timnas U-17

Frank Wormuth dikontrak sampai Piala Dunia U-17

Jakarta, IDN Times- Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, secara resmi mengumumkan konsultan untuk Timnas Indonesia U-17. Adalah Frank Wormuth yang menjadi konsultan untuk Timnas U-17.

Wormuth ditunjuk demi membantu pelatih Timnas U-17, Bima Sakti Tukiman, demi menyiapkan tim jelang Piala Dunia U-17 nanti. Diharapkan, dengan kehadiran Wormuth, Timnas U-17 jadi lebih sempurna persiapannya.

"Kami sudah menetapkan Frank Wormuth menjadi konsultan pelatih yang akan mendampingi Bima Sakti," ujar Erick mengutip laman resmi PSSI.

1. Cuma dikontrak empat bulan

PSSI Tunjuk Frank Wormuth Jadi Konsultan Timnas U-17Ketua Umum PSSI, Erick Thohi tinjau Stadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Kontrak Wormuth hanya berlaku selama empat bulan. Memang singkat, tapi dia digadang-gadang bisa memberikan pengaruh terhadap persiapan Timnas U-17.

Sebab, pengalaman Wormuth terbilang kaya. Dia sempat menjadi pelatih Timnas Jerman U-20 sejak 2010 hingga 2016. Wormuth juga pernah menukangi FC Groningen.

"Kontrak pertama ini untuk jangka waktu empat bulan, hingga Piala Dunia U-17. Kita lihat, bagaimana kolaborasi keduanya dalam membangun Garuda Muda," ujar Erick.

Baca Juga: STY Latih Timnas U-23, Indra Sjafri Pindah ke Timnas U-20

2. Apa saja yang akan dikerjakan Frank Wormuth?

PSSI Tunjuk Frank Wormuth Jadi Konsultan Timnas U-17Frank Wormuth (YouTube.com/FC Groningen)

PSSI menyebutkan, selama kontrak empat bulannya, Wormuth akan menyusun tahapan untuk dalam membangun Timnas U-17 demi bersaing dengan 23 negara lainnya di Piala Dunia U-17. Dia juga akan melakukan analisis demi membentuk tim kepelatihan yang solid.

Wormuth juga akan menyiapkan modul kepelatihan. Pun, fungsi pengawasan dan evaluasi yang dijalankan tim pelatih Timnas U-17 juga akan dilakukannya. Agak mirip ya dengan fungsi Direktur Teknik. Apakah ini jadi sinyal kalau dia memang Dirtek yang baru?

3. Timnas U-17 akan TC di Jerman

PSSI Tunjuk Frank Wormuth Jadi Konsultan Timnas U-17Pesepak bola Timnas Indonesia U-22 Ramadhan Sananta (kanan) berusaha melewati hadangan pesepak bola Timnas Lebanon U-22 Ali El Fadel (kiri) dalam pertandingan Internasional Friendly Match di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (14/4/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.

Penunjukkan Frank Wormuth juga sejalan dengan rencana PSSI untuk mengirimkan para pemain untuk berlatih di Eropa. Timnas U-17 memang rencananya menjalani pemusatan latihan dan uji coba di Jerman.

"Penunjukan Frank juga didasari rencana TC dan uji coba ke Jerman yang dimulai September hingga Oktober 2023 nanti. Saya percaya jaringan yang dimiliki Frank di Jerman akan banyak membantu mematangkan Timnas U-17 dan tim pelatih," jelas Erick.

Baca Juga: Seleksi Timnas U-17 Kian Keras, 7 Pemain Sudah Dipulangkan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya