Sejarah Anyar! Wasit Perempuan Bakal Pimpin Laga Piala Dunia 2022

FIFA tunjuk wasit perempuan untuk pimpin Piala Dunia 2022

Jakarta, IDN Times - Piala Dunia Qatar akan menyuguhkan sesuatu yang baru di dunia sepak bola. Pertama kali dimainkan di Timur Tengah, ajang ini juga akan jadi Piala Dunia pertama yang dipimpin wasit perempuan.

FIFA telah menunjuk sederet nama wasit perempuan untuk memimpin gelaran sepak bola terbesar dunia tersebut. Dari 36 nama wasit yang sudah ditentukan, tiga di antaranya adalah perempuan.

1. Tunjuk tiga wasit perempuan

Sejarah Anyar! Wasit Perempuan Bakal Pimpin Laga Piala Dunia 2022Stephanie Frappart, Wasit Perempuan asal Prancis (Website/en.as.com)

Dilansir Sky Sports, FIFA sudah menunjuk tiga nama pertama yang akan menjadi wasit perempuan yang bertugas di ajang Piala Dunia Qatar 2022.

Ketiganya adalah Stephanie Frappart, Salima Mukansanga, dan Yoshimi Yamashita. Mereka mencetak sejarah di ajang besar ini.

Wasit yang sudah ditunjuk dan ofisial lainnya akan menghadiri seminar yang dilakukan sebagai persiapan untuk acara yang diikuti 32 tim tersebut.

Baca Juga: 8 Stadion Qatar yang Jadi Arena Tempur Piala Dunia 2022

2. FIFA tekankan kualitas wasit

Sejarah Anyar! Wasit Perempuan Bakal Pimpin Laga Piala Dunia 2022Twitter/@fifawwc

Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina, mengatakan jika keputusan soal keikutsertaan wasit perempuan di ajang Piala Dunia, menjadi jawaban atas proses penantian panjang soal penempatan wasit perempuan di turnamen junior dan senior.

"Dengan cara ini, kami dengan jelas menekankan bahwa kualitaslah yang penting bagi kami dan bukan gender," kata Collina mengutip The New York Times, Kamis (19/5/2022).

3. Catatan soal wasit Piala Dunia Qatar 2022

Sejarah Anyar! Wasit Perempuan Bakal Pimpin Laga Piala Dunia 2022Ilustrasi wasit. (Pixabay.com/planet_fox)

Dalam akun Twitter FIFA Media, tertulis FIFA telah menunjuk 36 orang untuk menjadi wasit sepanjang gelaran Piala Dunia Qatar 2022.

Selain itu, 69 orang dipilih untuk menjadi asisten wasit. Tugas juga akan dibantu 24 orang lainnya sebagai video match officials.

Baca Juga: 9 Potret Kemegahan Stadion Lusail, Tempat Final Piala Dunia Qatar 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya