Timnas Kanada, Talenta Muda, dan Misinya di Piala Dunia U-17 2023

Berharap bisa cetak sejarah di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Menjadi salah satu kuda hitam di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia, Timnas U-17 Kanada siap bersaing di Grup B bersama Uzbekistan, Mali, Spanyol. 

Mereka bahkan menjanjikan penampilan maksimal selama mentas di ajang yang akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, mulai 10 November-2 Desember 2023. 

Diisi talenta muda menjanjikan, Timnas U-17 Kanada bercita-cita meraih prestasi terbaik di Indonesia demi menatap Piala Dunia 2026 mendatang. Mereka ingin membuat sejarah lolos dari fase grup di Piala Dunia U-17 untuk pertama kali dalam sejarah.

1. Berisi pemain muda menjanjikan

Timnas Kanada, Talenta Muda, dan Misinya di Piala Dunia U-17 2023Pemain timnas U-17 Kanada, Alphonso Davies (isntagram.com/alphonsodavies)

Piala Dunia U-17 2023 Indonesia punya makna sendiri bagi Kanada. Berhasil tidaknya mereka di sini, akan menjadi penentu masa depan sepak bola Kanada.

Sebab, Kananda bakal jadi penyelenggara ajang lebih tinggi lagi, yakni Piala Dunia 2023. Mereka bakal bertindak sebagai tuan rumah bersama Amerika Serikat dan Meksiko.

Itu sebabnya, skuad muda Kanada berharap bisa dapat prestasi maksimal di Indonesia. Alhasil, para pemain muda Kanada tentunya tak akan melepas panggung Piala Dunia U-17 dengan sia-sia.

Pemain bertalenta yang cukup banyak berkarier di klub Prancis, Jerman, Polandia, hingga Amerika Serikat, pasti bakal memanfaatkan ajang ini untuk mematangkan diri. Terlebih, mereka dinakhodai Andrew Olivieri, yang notabene sukses melahirkan Alphonso Davies hingga Jonathan David.

Jika bisa meraih prestasi, kans para pemain muda ini berpeluang besar akan mewakili Timnas Kanada di Piala Dunia 2026. 

Baca Juga: Timnas Panama, Kuda Hitam di Grup A Piala Dunia U-17 2023

2. Bukan tim kemarin sore

Timnas Kanada, Talenta Muda, dan Misinya di Piala Dunia U-17 2023Pemain timnas U-17 Kanada, Jonathan David (isntagram.com/jodavid)

Kanada tercatat sudah tujuh kali berpartisipasi di Piala Dunia U-17. Boleh dibilang, mereka bukanlah anak kemarin sore.

Hanya saja, prestasi mereka masih nihil. Skuad Les Rouges Junior belum pernah bisa melaju ke babak knock out.

Pada edisi terakhir di Piala Dunia U-17 2019, Kanada juga bertahan sampai penyisihan saja dengan menduduki dasar klasemen. Mereka berada di bawah Brasil, Angola dan Selandia Baru.

Kanada kembali lolos ke putaran final Piala Dunia U-17 2023 untuk ke delapan kali usai menembus semifinal Kejuaraan Concacaf U-17 2023. Kini, mereka pun berusaha mencapai prestasi tertinggi.

3. Peluang Kanada di Indonesia

Timnas Kanada, Talenta Muda, dan Misinya di Piala Dunia U-17 2023Kanada berada di grup B babak penyisihan Piala Dunia U-17 2023 Indonesia (Twitter.com/CanadaSoccerEN)

Olivieri yang juga berstatus Direktur Pembinaan Usia Muda Asosiasi Sepak Bola Kanada (CSA), menaruh harapan Kanada bisa lolos dari penyisihan grup untuk pertama kali.

"Piala Dunia adalah puncak dari event sepak bola. Pemainan muda bertalenta kami sangat butuh pengalaman untuk naik level dalam perjalanan menuju yang tertinggi di tingkat global," kata Olivieri.

Olivieri berharap, para pemain dapat tampil disiplin secara kolektif dan tampil berani di Indonesia.

Baca Juga: Maroko Optimistis di Piala Dunia U-17

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya