Tolak Timnas Israel, Buya Husein: Qatar Saja Tolak Rusia!

Timnas Rusia dilarang ikut Piala Dunia 2022

Jakarta, IDN Times - Aksi 203 digelar untuk menolak kedatangan timnas Israel ke Indonesia dalam ajang Piala Dunia U-20. Koordinator Aksi 203, Buya Husein, mengingatkan soal penolakan serupa yang sempat dilakukan pemerintah Qatar, selaku tuan rumah, kepada timnas Rusia saat Piala Dunia 2022 lalu.

Diketahui, timnas Rusia dilarang untuk ikut dalam ajang Piala Dunia 2022 lalu karena invasi yang dilakukan kepada Ukraina.

“Kalau alasannya ini adalah urusan olahraga, perlu dicatat bahwa kemarin waktu piala dunia di Qatar, pemerintah mereka menolak timnas Rusia karena melakukan agresi terhadap Ukraina,” kata Buya Husein ditemui di lokasi aksi, depan Patung Kuda, Gambir, Jakarta pada Senin (20/3/2023).

Berkaca dari kasus Rusia dan Ukraina pada ajang Piala Dunia 2022 lalu, aksi 203 digelar karena mereka merasa Indonesia juga seharusnya bisa menolak kedatangan timnas Israel ke Indonesia.

“Kalau seandainya Qatar bisa tolak kedatangan timnas Rusia, kenapa kita gak bisa menolak (Israel)?” ujar Buya Husein.

Dia mengingatkan, penolakan terhadap kedatangan suatu negara bukan semata-mata karena rasa benci, namun Aksi 203 menilai Israel merupakan penjajah untuk Palestina.

Di sisi lain, Buya Husein mengatakan, Indonesia punya utang budi pada Palestina yang merupakan negara Timur Tengah pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

“Kalau Israel mau kita terima, bebaskan dulu, lepaskan jajahan mereka terhadap saudara kita Palestina,” ujar Buya Husein.

Diketahui, ketidakikutsertaan Timnas Rusia di Piala Dunia 2022 karena sudah mendapatkan sanksi dari FIFA akibat invasi ke Ukraina. Dengan sanksi tersebut mereka pun tidak bisa melanjutkan kiprahnya di ajang Piala Dunia 2022 di Qatar.

Baca Juga: Hari Ini, PA 212 dan FPI Demo Tolak Kedatangan Timnas Israel

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya