Arab Saudi Menyelidiki Wasit Piala Dunia 2018, Kenapa Ya?

Padahal Piala Dunia kurang dari sebulan lagi digelar

Kurang dari sebulan lagi menuju piala dunia 2018, kabar tidak mengenakkan menimpa Fahad Al Mirdasi, wasit yang akan bertugas memimpin pertandingan di Rusia nanti. Ia harus menerima penyelidikan yang dilakukan oleh federasi sepak bola Arab Saudi.

Tentu saja kabar ini memunculkan keraguan publik kepada wasit Arab Saudi ini, apakah Al Mirdasi akan tetap dipercaya memimpin pertandingan piala dunia nanti?

1. Al Mirdasi dicoret federasi sepak bola Arab Saudi dari final piala Raja

Arab Saudi Menyelidiki Wasit Piala Dunia 2018, Kenapa Ya?sport.net

Dilansir dari ESPN, wasit yang paling berpengalaman di Asia, Fahad Al Mirdasi, akan diselidiki oleh federasi sepak bola Arab Saudi (SAFF).

Al Mirdasi yang semula dijadwalkan menjadi wasit utama pada pertandingan final piala raja antara Al-Ittihad dan Al-Faisaly, tetapi SAFF mengumumkan pada Jumat malam (11/5/2018), bahwa wasit berusia 32 tahun itu dibebastugaskan dari tanggung jawab memimpin partai final tersebut.

Walau melakukan penyelidikan SAFF enggan memberikan alasan di balik investigasinya terhadap Al Mirdasi

"Federasi Sepak Bola Arab Saudi, dengan restu dari Komite Olimpiade Saudi, telah memutuskan untuk menghapus Fahad Al-Mirdasi dari wasit yang memimpin di final Piala Raja dan akan mengarahkannya ke Biro Investigasi Umum," bunyi pernyataan dari akun Twitter resmi SAFF, seperti yang diberitakan Arab News.

Sebagai pengganti Fahad Al-Mirdasi, wasit Mark Clattenburg telah ditunjuk untuk menjadi wasit di final piala raja.

2. Al Mirdasi adalah wasit utama yang akan memimpin pertandingan piala dunia 2018

Arab Saudi Menyelidiki Wasit Piala Dunia 2018, Kenapa Ya?the-afc.com

Al-Mirdasi adalah dari 36 wasit yang telah dipilih FIFA untuk memimpin pertandingan-pertandingan di piala dunia. Namun akibat penyelidikan ini, Al-Mirdasi berada dalam situasi yang tidak menguntungkan dan terancam untuk tidak bisa berangkat ke Rusia.

FIFA tidak memberikan komentar banyak terkait penyelidikan ini. "Masalahnya adalah dengan Federasi Sepak Bola Arab Saudi," kata FIFA singkat, seperti yang dilansir dari Washingtonpost.

3. Pertandingan piala konfederasi 2017 adalah event besar yang pernah dipimpin oleh Al-Mirdasi

Arab Saudi Menyelidiki Wasit Piala Dunia 2018, Kenapa Ya?zimbio.com

Sebelum memlih Al-Mirdasi sebagai wasit di Rusia nanti, FIFA juga pernah menunjuk Al-Mirdasi untuk memimpin pertandingan turnamen piala konfederasi tahun lalu. Pertandingan yang dipimpin olehnya adalah partai perebutan tempat ketiga antara Meksiko dan Portugal.

Ketika itu Al-Mirdasi memberikan dua penalti. Dua pemain dikeluarkan pada perpanjangan waktu dan pelatih Meksiko Juan Carlos Osorio juga ikut dikartu merah. Pertandingan sepak bola di Olimpiade Rio de Janeiro pada tahun 2016 lalu adalah even besar lainnya yang pernah dipimpin oleh Al-Mirdasi.

Kita tunggu saja bagaimana hasil penyelidikan terhadap Al-Mirdasi. Apakah FIFA akan tetap percaya kepadanya?

Mirza Fahmi Photo Verified Writer Mirza Fahmi

Pencinta kopi dan air hangat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya