5 Jebolan Akademi SCO Angers yang Pernah Bermain di Premier League

Didominasi pemain medioker

Hampir seluruh tim sepak bola di Liga Prancis memiliki sistem akademi yang cukup baik. Tak hanya berkutat di liga lokal, para jebolannya pun sering kali meniti karier di luar Prancis, termasuk English Premier League.

Meski berstatus sebagai tim medioker, SCO Angers juga punya hal tersebut. Hingga tahun 2022, telah ada lima jebolan akademi SCO Angers yang pernah berkarier di English Premier League. Berikut ini daftar dan ulasan mengenai performanya.

1. Anthony Reveillere

5 Jebolan Akademi SCO Angers yang Pernah Bermain di Premier LeagueAnthony Reveillere (skysports.com)

Anthony Reveillere merupakan jebolan akademi SCO Angers dari tertua yang pernah membela klub English Premier League. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini menghabiskan empat tahun (1992—1996) di tim akademi SCO Angers.

Setelah membela Olympique Lyon, Reveillere mencoba peruntungan untuk menghabiskan sisa kariernya dengan bergabung dengan Sunderland pada 2014. Namun, ia hanya bertahan selama semusim dengan torehan 16 penampilan.

2. Etienne Capoue

5 Jebolan Akademi SCO Angers yang Pernah Bermain di Premier LeagueEtienne Capoue (skysports.com)

Etienne Capoue jadi jebolan akademi SCO Angers dengan jumlah laga terbanyak di English Premier League hingga 2022. Capoue pernah membela Tottenham Hotspur dan Watford dalam kurun waktu delapan tahun dari 2013—2020.

Jauh sebelum itu, pemain yang sekarang jadi andalan di tim Villarreal ini pernah berada di beberapa tim akademi, salah satunya adalah SCO Angers. Namun, ia berada di sana dalam waktu yang singkat, yakni dari 2004—2005.

Baca Juga: 5 Pemain Top Jebolan Akademi Le Havre yang Pernah Bermain di EPL

3. Sofiane Boufal

5 Jebolan Akademi SCO Angers yang Pernah Bermain di Premier LeagueSofiane Boufal (espn.com)

Nama selanjutnya ialah Sofiane Boufal, winger berkebangsaan Maroko yang lahir di Prancis. Boufal hanya menghabiskan dua tahun berada di tim akademi SCO Angers, terhitung dari tahun 2010 hingga promosi ke tim utama pada 2012.

Kariernya di Englsih Premier League terjadi saat ia bergabung dengan Southampton pada tahun 2016. Total 70 penampilan dengan kontribusi 3 gol dan 4 assists, Boufal bukukan untuk Southampton di ajang English Premier League selama tiga musim.

4. Rayan Ait-Nouri

5 Jebolan Akademi SCO Angers yang Pernah Bermain di Premier LeagueRayan Ait-Nouri (premierleague.com

Jika Anthony Reveillere merupakan angkatan tertua, maka Rayan Ait-Nouri menjadi angkatan termuda akademi SCO Angers yang pernah main di English Premier League. Bek Prancis yang memiliki darah Aljazair ini menghabiskan dua tahun di tim akademi Angers (2016—2018).

Sempat bermain di tim utama Angers selama dua musim, Rayan akhirnya bergabung dengan Wolverhampton Wanderers, tim yang masih jadi timnya saat ini. Hingga EPL 2021/2022 berakhir, Rayan telah catatakan 44 penampilan dengan torehan 2 gol dan 5 assists.

5. Anthony Mancini

5 Jebolan Akademi SCO Angers yang Pernah Bermain di Premier LeagueAnthony Mancini (lancs.live)

Pemain lain yang masih berstatus sebagai bagian dari tim English Premier League ialah Anthony Mancini. Ia merupakan gelandang berusia 21 tahun yang berposisi sebagai gelandang. Mancini cukup sering berpindah-pindah tim akademi.

Salah satunya ialah tim akademi SCO Angers yang ia tempati dari tahun 2018 hingga 2020. Setelah itu, ia pindah ke English Premier League untuk bergabung dengan Burnley. Sayangnya, ia belum catatakan debut hingga musim 2021/2022 berakhir.

 

Tak ada satupun jebolan akademi SCO Angers yang menorehkan prestasi di English Premier League. Kendati demikian, SCO Angers sudah bisa menghasilkan pemain hebat yang dibutuhkan oleh liga top sekelas English Premier League.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Olympique Marseille yang Pernah Bermain di EPL

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya