6 Pemain yang Memakai Nomor Punggung 24 Real Madrid sebelum Arda Guler

Arda Guler langsung masuk skuad utama

Real Madrid resmi mendapatkan wonderkid asal Turki, Arda Guler, pada Kamis (6/7/2023). Uang sebesar 20 juta euro (Rp332 miliar) menjadi uang besar yang menebus pemain berusia 18 tahun. Saat sesi perkenalan, Guler langsung memegang jersey dengan nomor punggung 24.

Itu artinya, ia masuk ke dalam tim utama Real Madrid musim depan. Dalam pernyataannya, Guler berharap bisa menikmati musim pertama di tim utama Real Madrid, bukan dengan peminjaman. Ia akan bekerja keras agar bisa sukses di Santiago Bernabeu.

Jika dilihat dari rekam jejaknya, maka nomor punggung 24 di Real Madrid kerap dipakai pemain muda. Beberapa dari mereka mampu bersinar, tetapi sebagian justru mengalami penurunan performa. Siapa sajakah pemain yang memakai nomor punggung 24 Real Madrid sebelum Arda Guler?

1. Lassana Diarra

6 Pemain yang Memakai Nomor Punggung 24 Real Madrid sebelum Arda GulerLassana Diarra (en.psg.fr)

Lassana Diarra menggunakan nomor punggung 24 pada 1,5 musim terakhirnya (2011—2013) di Real Madrid. Selain musim itu, ia pernah memakai nomor punggung 39, 6, dan 10 di klub berjuluk Los Galacticos ini. Bicara soal penampilan, gelandang bertahan asal Prancis tersebut sering menjadi andalan. Kendati demikian, menit bermainnya tak selalu memuaskan. Diarra sendiri mencatat 116 laga dengan sumbangan 1 gol dan 7 assist.

2. Nacho Fernandez

6 Pemain yang Memakai Nomor Punggung 24 Real Madrid sebelum Arda GulerNacho Fernandez (twitter.com/nachofi1990)

Nacho Fernandez akan menjadi kapten Real Madrid musim depan. Namun, jauh sebelum itu, ia pernah hadir sebagai pemain pelengkap tim dan sering bergonta-ganti nomor punggung. Salah satunya ialah nomor 24 yang dipakai pada 2012/2013. Nacho merupakan bek underrated yang kesetiaannya sulit diragukan. Sebab, ia tak pindah dari Real Madrid sejak awal musim 2010/2011.

3. Asier Illarramendi

6 Pemain yang Memakai Nomor Punggung 24 Real Madrid sebelum Arda GulerAsier Illaramendi (realmadrid.com)

Cukup banyak pemain muda potensial yang gagal menunjukkan performanya bersama Real Madrid. Salah satunya ialah Asier Illaramendi, pemain jebolan akademi Real Sociedad yang bermain untuk Real Madrid selama 2 tahun (2013—2015). Saat berseragam El Real, Illaramendi sulit bersaing dengan gelandang top, seperti Sami Khedira, Xabi Alonso, Toni Kroos, dan Luka Modric. Oleh karena itu, Illaramendi hanya mendapatkan sedikit menit bermain.

Baca Juga: 7 Pemain Terakhir Real Madrid dari Luar Liga Top Eropa, Ada Arda Guler

4. Dani Ceballos

6 Pemain yang Memakai Nomor Punggung 24 Real Madrid sebelum Arda GulerDani Ceballos (realmadrid.com)

Setelah Asier Illaramendi kembali ke Real Sociedad (2015), nomor punggung 24 pun diwariskan kepada Dani Ceballos. Gelandang berkebangsaan Spanyol ini diboyong dari Real Betis dan pernah 2 musim (2019—2021) dipinjamkan ke Arsenal. Sekarang, ia kehilangan nomor punggung 24 dan memilih nomor 19. Seiring waktu, Ceballos yang awalnya kesulitan justru mampu bertahan dan beradaptasi. Ceballos kerap hadir sebagai pembeda kala Los Galacticos mengalami kebuntuan.

5. Mariano Diaz

6 Pemain yang Memakai Nomor Punggung 24 Real Madrid sebelum Arda GulerMariano Diaz (realmadrid.com)

Sempat hengkang ke Olympique Lyon, Mariano Diaz kembali ke Real Madrid pada awal musim 2018/2019. Penyerang asal Republik Dominika ini sempat menggunakan nomor punggung 7 sebelum akhirnya berganti menjadi 24 pada 2019/2020. Bicara soal performa, peran Mariano Diaz jauh dari kata memuaskan. Sebab, ia jarang sekali bermain. Bahkan, untuk duduk di bangku cadangan pun jarang.

6. Jesus Vallejo

6 Pemain yang Memakai Nomor Punggung 24 Real Madrid sebelum Arda GulerJesus Vallejo (realmadrid.com)

Jesus Vallejo sangat sering berganti nomor punggung. Ketika Jude Bellingham datang, ia harus merelakan nomor punggung 5 kepada Bellingham. Setelah itu, ia pindah ke nomor 24. Namun, saat Arda Guler datang, bek asal Spanyol ini kembali memberikan nomor punggung 24 dan beralih ke nomor punggung 25. Jika melihat perannya, maka Vallejo sendiri hanya memilki tugas sebagai pemain pelapis di lini pertahanan Real Madrid.

Cap sebagai pemain muda berbakat membuat Arda Guler mengemban banyak tanggung jawab. Sebab, banyak penggemar sepak bola, khususnya Real Madrid ingin melihat Guler sukses. Oleh karena itu, ia harus cepat beradaptasi. Apalagi Jesus Vallejo sudah merelakan nomornya untuk Arda Guler.

Baca Juga: Jesus Vallejo Rela Berganti Nomor Punggung untuk Menyambut Pemain Baru

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya