Profil Maarten Paes, Calon Pemain Naturalisasi yang Berkarier di MLS

Menjadi bidikan naturalisasi Timnas Indonesia

Timnas Indonesia sedang gencar menaturalisasi pemain keturunan. Terbaru, ada Justin Hubner yang resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada Rabu (6/12/2023). Selain itu, ada Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On yang tinggal menunggu jadwal pengambilan sumpah WNI.

Satu nama lagi santer diisukan menjadi target naturalisasi berikutnya. Nama itu adalah Maarten Paes. Pemain FC Dallas ini kabarnya akan menjalani proses naturalisasi pada 2024.

1. Kiper utama FC Dallas di Major League Soccer Amerika Serikat

Profil Maarten Paes, Calon Pemain Naturalisasi yang Berkarier di MLSilustrasi Maarten Paes di FC Dallas (fcdallas.com)

Dilansir Transfermarkt, Maarten Paes merupakan penjaga gawang kelahiran Nijmegen, Belanda. Ia memiliki tinggi badan 192 cm dan berusia 25 tahun. Ini usia matang untuk seorang pemain sepak bola. Saat ini, statusnya sebagai warga negara Belanda.

Paes memulai karier profesional di NEC Nijmegen pada 2016—2018. Lalu, ia pindah ke FC Utrecht selama 4 musim hingga 2022. Selama di FC Utrecht, Paes juga sempat memperkuat tim muda FC Utrecht.

Paes melanjutkan karier di FC Dallas dengan status pinjaman hingga pertengahan musim 2022. Setelah itu, statusnya dipermanenkan oleh FC Dallas sebagai kiper utama. Paes mencatatkan 36 penampilan bersama mereka pada 2023 dengan statistik 9 clean sheet dan 38 kemasukan.

2. Dianugerahi penghargaan Defensive Player of the Year oleh FC Dallas

Profil Maarten Paes, Calon Pemain Naturalisasi yang Berkarier di MLSMaarten Paes (kanan) bersama Jesus Ferreira (fcdallas.com)

Dilansir FC Dallas, berkat penampilan apiknya di Major League Soccer (MLS), Maarten Paes mendapat penghargaan Defensive Player of the Year oleh FC Dallas pada Selasa (12/12/2023). Ia mengalahkan nama-nama pemain yang lebih senior di FC Dallas, seperti Sebastien Ibeagha, Jimmy Maurer, dan Asier Illarramendi. Penghargaan ini ditentukan oleh staf kepelatihan FC Dallas dengan melihat performa tiap pemain bertahan. Sementara itu, penghargaan Offensive Player of the Year diraih Jesus Ferreira.

Paes tercatat memiliki persentase penyelamatan 76,4 persen sekaligus tertinggi di MLS. Ia membantu FC Dallas finis di urutan ke-7 klasemen akhir MLS Wilayah Barat. Mereka lolos ke babak playoff dua kali berturut-turut. Paes juga tercatat sebagai kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak ke-7 di Liga Utama Amerika Serikat.

Baca Juga: Profil Justin Hubner, Calon Bintang Timnas Indonesia dan EPL

3. Pernah membela Belanda U-19, U-20, dan U-21

Profil Maarten Paes, Calon Pemain Naturalisasi yang Berkarier di MLSMaarten Paes (nomor 1) berfoto bersama skuad Belanda U-21 di Kualifikasi Piala Eropa U-21. (instagram.com/maartenpaes)

Maarten Paes diketahui pernah memperkuat Belanda kelompok umur, seperti U-19, U-20, dan U-21. Paes mencatatkan debut di Belanda U-19 pada 5 September 2016. Ia mencatatkan total 10 penampilan bersama skuad muda De Orange dengan statistik 6 clean sheet dan 5 kemasukan.

Hingga kini Paes belum pernah mendapat panggilan Timnas Belanda. Maka, sesuai regulasi FIFA, ia masih bisa membela Timnas Indonesia. Jasanya sangat dibutuhkan skuad Garuda, terlebih jika ingin bersaing di jajaran tim papan atas Asia.

4. Sempat memiliki nilai pasar hingga Rp26,07 miliar

Profil Maarten Paes, Calon Pemain Naturalisasi yang Berkarier di MLSMaarten Paes ketika masih berseragam FC Utrecht. (fcutrecht.nl)

Maarten Paes saat ini memiliki harga pasaran Rp20,86 miliar. Bahkan, menurut catatan Transfermarkt, nilai pasarnya sempat menembus Rp26,07 miliar kala berseragam FC Utrecht pada 2019. Nilai pasar pemain yang memiliki kaki dominan kanan ini berpotensi akan naik lagi mengingat performa apiknya bersama FC Dallas musim ini. Musim depan Paes kemungkinan besar masih akan diandalkan FC Dallas sebagai kiper utama.

Nilai pasar Maarten Paes saat ini terbilang cukup tinggi jika dibandingkan kiper Timnas Indonesia. Sebagai perbandingan, kiper termahal skuad Garuda saat ini adalah Nadeo Argawinata dengan nilai pasar Rp5,21 miliar. Artinya, nilai pasar Paes empat kali lebih mahal dibanding Nadeo.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, terang-terangan menyatakan akan memproses naturalisasi Maarten Paes. Kemungkinan Paes akan ikut gerbong naturalisasi bersama Thom Haye tahun depan. "Siapa pun yang punya darah keturunan Indonesia berhak memperkuat Timnas Indonesia. Kita masih tunggu Thom Haye dan Maarten Paes. Tunggu saja, jangan kesusu," ujar Erick di Instagramnya pada Sabtu (16/12/2023).

Baca Juga: Shin Tae Yong Panggil 29 Pemain Timnas untuk TC di Turki, Ada Hubner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya