FIFA Kirim Surat ke Presiden Jokowi, Apa Isinya?

Erick Thohir bawa surat balasan dari FIFA

Jakarta, IDN Times - Diplomasi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dengan petinggi FIFA di Doha untuk melobi agar Indonesia tak dicoret sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 gagal. Setelah itu, Erick membawa surat dari FIFA untuk Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Saya sudah bertemu dengan Bapak Presiden, melaporkan secara detail daripada hasil pertemuan antara Presiden FIFA dengan saya di Doha kemarin. Saya juga membawa surat dari Presiden FIFA yang langsung diberikan ke pak Presiden," ujar Erick di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Erick mengaku tidak membaca surat tersebut. Sebab, surat tersebut ditujukan khusus kepada Presiden Jokowi. "Saya langsung serahkan surat itu," ucap dia.

Setelah membaca surat dari FIFA, kata Erick, Jokowi langsung mengeluarkan dua perintah untuknya.

"Satu, segera membuat peta biru transformasi sepak bola Indonesia yang Presiden sudah sampaikan pada saat saya baru menjadi Ketua PSSI bersama para Exco yang hadir, Presiden menekankan, ini harus segera selesai dan harus segar disampaikan kepada FIFA," ujar dia.

Kedua, Jokowi meminta Erick Thohir untuk kembali membuka pembicaraan dengan FIFA, agar Indonesia tak terkena sanksi.

"Sehingga bisa diartikan, Presiden tidak mau kita terkucilkan dari peta sepak bola dunia. Karena itu saya tentu akan berusaha keras memastikan transformasi sepak bola ini terjadi," kata dia.

Baca Juga: Legenda Mesir Puji Indonesia, Hujat Standar Ganda FIFA

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya