Aturan Baru Injury Time Diterapkan, Mikel Arteta Beri Dukungan

Arsenal diuntungkan injury time yang lama

Jakarta, IDN Times - Aturan baru FIFA soal injury time sudah coba diterapkan di laga final Community Shield 2023. Dalam duel Arsenal melawan Manchester City itu, wasit memberikan waktu tambahan selama 13 menit.

Arsenal keluar sebagai juara ajang Community Shield 2023. Mereka mampu menumbangkan ManCity melalui drama adu penalti dalam duel yang digelar di Stadion Wembley pada Minggu, 6 Agustus 2023. 

Tambahan waktu diberikan untuk menggantikan waktu yang terbuang oleh selebrasi, insiden, atau hal lainnya. Aturan ini memungkinkan sebuah laga berlangsung sampai lebih dari 100 menit.

1. Menguntungkan Arsenal

Aturan Baru Injury Time Diterapkan, Mikel Arteta Beri DukunganMikel Arteta selebrasi setelah Arsenal menang tipis 1-0 atas Chelsea di Stamford Bridge pada 6 November 2022. (twitter.com/Arsenal)

Pada laga Community Shield 2023, Arsenal dan ManCity bertanding selama 113 menit. Wasit memberikan waktu tambahan sesuai aturan baru yang coba diterapkan dalam sebuah pertandingan.

Awalnya, pertandingan diperpanjang sampai delapan menit. Namun, insiden benturan kepala antara Kyle Walker dan Thomas Partey memperpanjang waktu tambahan menjadi 13 menit.

Tambahan waktu tersebut menguntungkan pihak Arsenal. Sebab, mereka mampu menyamakan skor jadi 1-1 lewat melalui aksi Leandro Trossard. Itu  terjadi saat laga memasuki menit 101.

Hasil imbang berakhir hingga waktu normal rampung. Kedua kesebelasan akhirnya harus menyelesaikan laga ke babak adu penalti.

Arsenal yang berhasil menceploskan gol melalui empat eksekutornya, mampu menang 4-1 dalam adu penalti melawan Manchester City ini. Sehingga, The Gunners berhak membawa pulang piala Community Shield 2023.

Baca Juga: 3 Catatan Usai Arsenal Menang Lawan City di Community Shield

2. Mikel Arteta nilai aturan baru lebih efektif

Aturan Baru Injury Time Diterapkan, Mikel Arteta Beri Dukunganen.armradio.am

Mikel Arteta terenyata mendukung aturan baru soal injury time tersebut. Menurutnya, dengan begitu pemain dapat berpikir dua kali mengulur waktu, sehingga pertandingan jadi lebih efektif.

"Pada akhirnya, ini soal waktu yang efektif. Saya kira ini sudah bagus karena sudah terlalu jauh dan sekarang tim-tim harus berpikir dua kali (untuk buang-buang waktu)," kata Arteta.

Pelatih Arsenal itu juga menambahkan kalau para pemain harus bersiap untuk bermain 100 menit tiap minggunya.

3. Ditentang Guardiola

Aturan Baru Injury Time Diterapkan, Mikel Arteta Beri DukunganPep Guardiola (skysports.com)

Hanya saja, pelatih Manchester City, Pep Guardiola, memiliki pandangan yang berbeda dengan Mikel Arteta. Ia merasa jumlah waktu tambahan terlalu lama.

Guardiola juga menyoroti pihak pembuat peraturan (IFAB) yang tidak melibatkan manajer dan pemain dalam membuat aturan tersebut.

"Sekarang pertandingan akan berlangsung 100 menit. Untungnya hari ini tidak terjadi karena hanya memperpanjang delapan menit. Bayangkan jika mereka memperpanjang waktu dan pertandingan berakhir 4-3. Anda tambahkan 30 detik, 45 detik untuk tujuh gol, kita bisa main sampai jam 9 pagi besoknya," beber Guardiola menyindir aturan itu.

Baca Juga: 3 Pemain Terbaik saat Arsenal Lawan City di Community Shield

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya