5 Pemain Terbaik Lulusan Akademi VfB Stuttgart, Werner hingga Gnabry! 

Adakah pemain favoritmu?

VfB Stuttgart merupakan salah satu klub peserta Bundesliga Jerman. Klub yang bermarkas di Mercedes-Benz Arena tersebut memang bukanlah tim besar layaknya Bayern Munchen atau Borussia Dortmund. Namun, klub ini memiliki akademi yang berhasil mencetak pemain hebat dari masa ke masa.

Sebut saja Timo Werner, bisa dibilang ia merupakan salah satu produk akademi Stuttgart yang tengah bersinar saat ini. Performanya begitu mengagumkan sebagai seorang striker. Termasuk Werner, siapa sajakah pemain top lulusan akademi VfB Stuttgart? Berikut lima pemain di antaranya.

1. Mario Gomez

5 Pemain Terbaik Lulusan Akademi VfB Stuttgart, Werner hingga Gnabry! sportbuzzer.de

Mario Gomez, namanya tentu begitu familier di telinga pencinta sepak bola. Ia merupakan salah satu striker top di dunia yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Ia pernah menimba ilmu di akademi VfB Stuttgart selama dua tahun (2001-2003). Gomez kemudian dipromosikan ke tim senior VfB Stuttgart pada musim 2005/06.

Ia mengabdi selama empat musim untuk klub yang bermarkas di Mercedes-Benz Arena tersebut dengan raihan 1 gelar Bundesliga. Di musim 2009/10, Gomez hijrah ke Bayern Munchen. Ia benar-benar berada di puncak performa bersama The Bayern. Berbagai gelar berhasil ditorehkannya, yakni 1 gelar Liga Champions, 2 gelar Bundesliga, dan 2 gelar DFB Pokal. 

Setelah empat musim berseragam The Bayern, striker asal Jerman tersebut bertualang bersama Fiorentina, Besiktas, dan Wolfburg. Hingga pada akhirnya, ia kembali memperkuat VfB Stuttgart di musim 2017/18. Di periode keduanya tersebut, Gomez tak mampu memberi gelar. Ia lalu memutuskan pensiun pada Juli 2020.

2. Sami Khedira

5 Pemain Terbaik Lulusan Akademi VfB Stuttgart, Werner hingga Gnabry! eurosport.com

Sami Khedira merupakan seorang gelandang tengah berkualitas. Ia meniti karier di dunia sepak bola dengan menggali bakat di akademi VfB Stuttgart selama satu dekade (1995-2005). Ia kemudian membela tim senior VfB Stuttgart pada pertengahan musim 2006/07. Dalam kurun waktu tiga setengah musim, Khedira berhasil mempersembahkan satu gelar Bundesliga.

Bakat hebat Khedira sukses membuat Real Madrid kepincut dan merekrutnya pada musim 2010/11. Sejak saat itu, kariernya kian berkembang dan dikenal publik. Bersama El Real, ia tampil begitu apik dengan sukses merengkuh 1 gelar Liga Champions, 1 gelar LaLiga, 2 gelar Copa Del Rey, 1 gelar Piala Super Spanyol, 1 gelar UEFA Super Cup, dan 2 gelar Piala Dunia Antarklub.

Gelandang keturunan Jerman tersebut tak lagi membela Real Madrid di musim 2015/16 usai hengkang ke Juventus. Bersama Juve, kariernya juga cukup apik dengan berhasil menjunjung 5 gelar Serie A, 3 gelar Coppa Italia, dan 1 gelar Piala Super Italia. Saat ini, Khedira masih memperkuat Juventus dengan durasi kontrak hingga Juni 2021.

Baca Juga: Hasilkan Pemain Terbaik, Inilah 5 Akademi Sepak Bola Terbaik di Dunia

3. Joshua Kimmich

5 Pemain Terbaik Lulusan Akademi VfB Stuttgart, Werner hingga Gnabry! de.uefa.com

Joshua Kimmich juga merupakan salah satu lulusan terbaik akademi VfB Stuttgart. Ia berlatih sepak bola di akademi tersebut selama enam tahun (2007-2013). Namun, pemain berposisi gelandang bertahan justru tampil debut di tim senior RB Leipzig pada musim 2013/14. Dua musim berselang, barulah Kimmich membela VfB Stuttgart. 

Kariernya bersama Stuttgart berjalan begitu singkat, yakni hanya satu musim. Tepat di musim 2015/16, ia direkrut tim raksasa Jerman, Bayern Munchen. Di situlah sinar dari diri Kimmich mulai memancar hingga saat ini. Ia tampil begitu memukau, baik saat berperan sebagai gelandang ataupun saat di tempatkan sebagai bek kanan. 

Berkat performa apiknya, ia sukses membawa Munchen meraih 1 gelar Liga Champions, 5 gelar Bundesliga, 3 gelar DFB Pokal, 1 gelar UEFA Super Cup, dan 4 gelar Piala Super Jerman. Pemain berusia 25 tahun tersebut masih memiliki masa bakti di Allianz Arena hingga Juni 2023.

4. Timo Werner

5 Pemain Terbaik Lulusan Akademi VfB Stuttgart, Werner hingga Gnabry! twitter.com/Bundesliga_EN

Sosok Timo Werner tentunya begitu dikenal sebagai salah satu striker top saat ini. Ia merintis kariernya dengan belajar sepak bola di akademi VfB Stuttgart selama sebelas tahun (2002-2013). Ia kemudian dipromosikan ke tim senior Stuttgart pada musim 2013/14. Tercatat, Werner mengabdi selama tiga musim. Meski tampil cukup apik, tetapi ia tak mampu memberikan gelar. 

Kiprah striker asli Jerman tersebut berlanjut dengan memperkuat RB Leipzig di musim 2016/17. Performanya kian meningkat bersama klub berjuluk Die Roten Bullen tersebut. Hingga akhirnya, klub raksasa Inggris, Chelsea, terkesima dengan bakat yang dimiliki Werner. The Blues lalu memboyongnya pada musim 2020/21. Dengan durasi kontrak hingga Juni 2025, ia diharapkan mampu membawa Chelsea berjaya.

5. Serge Gnabry

5 Pemain Terbaik Lulusan Akademi VfB Stuttgart, Werner hingga Gnabry! stuttgarter-zeitung.de

Serge Gnabry menjadi pemain top terakhir yang berasal dari akademi VfB Stuttgart. Ia pernah menimba ilmu di akademi Stuttgart selama enam tahun (2005-2011). Namun, ia tak pernah merumput bersama tim senior VfB Stuttgart. Gnabry kemudian hijrah ke Arsenal U-18 di musim 2011/12. Dua musim berselang, ia baru bisa bermain untuk tim senior The Gunners.

Sayangnya , performanya kurang memuaskan sebagai seorang winger kanan. Ia sempat dipinjamkan ke West Bromwich Albion sebelum akhirnya dilepas ke Werder Bremen di musim 2016/17. Kiprahnya bersama Bremen hanya bertahan satu musim. Di musim 2017/18, Gnabry direkrut Bayern Munchen. Lagi-lagi, ia sempat dipinjamkan ke klub lain, yakni Hoffenheim. 

Akan tetapi, pemain berdarah Jerman tersebut mampu bangkit setelah satu musim masa peminjaman. Hal itu membuat The Bayern memulangkannya di musim 2018/19 dan menjadikan Gnabry sebagai salah satu penyerang andalan hingga saat ini. Berbagai gelar telah berhasil ditorehkannya, meliputi 1 gelar Liga Champions, 2 gelar Bundesliga, 2 gelar DFB Pokal, 2 gelar Piala Super Jerman, dan 1 gelar UEFA Super Cup. Kontraknya masih tersisa hingga Juni 2023.

Siapa sangka, tim sekelas VfB Stuttgart berhasil mengorbitkan pemain-pemain top. Hal itu membuktikan bahwa sistem pembinaan yang dilakukan oleh akademi klub tersebut cukup berhasil. Selain kelima pemain di atas, apakah kalian tahu pemain top lainnya yang merupakan lulusan akademi VfB Stuttgart?

Baca Juga: 5 Pemain Top Lulusan Akademi Olympique Lyon, Umtiti Hingga Benzema!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya