Comscore Tracker

5 Pemain asal Georgia yang Pernah Berkarier di Premier League

Siapa pemain yang kalian kenal?

Georgia merupakan salah satu negara yang berada di wilayah Eropa Timur bekas Uni Soviet. Dalam hal sepak bola, negara tersebut bisa dibilang tertinggal dari negara-negara Eropa lainnya. Mereka belum pernah berpartisipasi di ajang Piala Eropa dan Piala Dunia.

Tak banyak pemain-pemain terkemuka yang terlahir di negara tersebut. Meski demikian, faktanya ada pemain dari Georgia yang mencicipi karier di kompetisi top dunia sekelas Premier League. Berikut kami sajikan lima pemain asal Georgia yang pernah berkiprah di Premier League.

1. Giorgi Kinkladze

5 Pemain asal Georgia yang Pernah Berkarier di Premier LeagueGiorgi Kinkladze (twitter.com/dcfcofficial)

Pemain Georgia pertama yang berkarier di Premier League adalah Giorgi Kinkladze. Ia pernah membela dua klub Premier League, yakni Manchester City dan Derby County. Awalnya, ia bergabung dengan City pada musim 1995/1996 setelah direkrut dari Dinamo Tbilisi.

Giorgi bermain selama satu musim di Premier League bersama City. Ia lalu hengkang ke Ajax dan dipinjamkan ke Derby County pada musim 1999/2000. Di musim berikutnya, Giorgi benar-benar direkrut Derby County dan bertahan hingga musim 2002/2003.

Sebagai seorang gelandang serang, ia bermain dalam 102 laga di Premier League dengan menciptakan 7 gol dan 1 assist. Giorgi kemudian sempat bermain untuk Anorthosis dan Rubin Kazan sebelum pensiun pada Januari 2007.

2. Mikhail Kavelashvili

5 Pemain asal Georgia yang Pernah Berkarier di Premier LeagueMikhail Kavelashvili (statcity.co.uk)

Mikhail Kavelashvili merupakan pemain Georgia yang beroperasi sebagai seorang striker. Ia pernah merasakan atmosfer Premier League bersama Manchester City. Ia didatangkan The Citizens dari Spartak Vladikavkaz pada pertengahan musim 1995/1996.

Kiprahnya berjalan selama satu setengah musim. Sayangnya, Kavelashvili hanya mencatatkan 4 penampilan di Premier League dengan mencetak 1 gol. Selepas dari City, ia banyak menghabiskan waktu bersama klub-klub asal Swiss. Akhirnya, Kavelashvili pensiun pada Januari 2011.

Baca Juga: Tumbang dari Chelsea, Pesta Juara Manchester City Tertunda

3. Temur Ketsbaia

5 Pemain asal Georgia yang Pernah Berkarier di Premier LeagueTemur Ketsbaia (premierleague.com)

Selanjutnya ada pemain Georgia yang berposisi winger kanan, Temur Ketsbaia. Ia tercatat pernah berkiprah di Premier League bersama Newcastle United. Ia merapat ke skuad The Magpies pada musim 1997/1998 usai pindah dari AEK Athens.

Dalam kurun waktu tiga musim, Ketsbaia cukup diandalkan Newcastle. Ia dipercaya tampil dalam 76 laga di Premier League dengan mampu mencetak 8 gol dan 9 assist. Ketsbaia kemudian hengkang ke Wolves yang kala itu belum mentas di Premier League. Ia memutuskan gantung sepatu pada Juli 2007.

4. Rati Aleksidze

5 Pemain asal Georgia yang Pernah Berkarier di Premier LeagueRati Aleksidze (theathletic.com)

Rati Aleksidze menjadi pemain Georgia keempat yang pernah tampil di Premier League. Ia bergabung dengan Chelsea pada musim 2000/2001 setelah direkrut dari Dinamo Tbilisi. Kiprahnya terbilang cukup singkat karena hanya satu musim.

Sebagai seorang striker, Aleksidze juga tak banyak mendapatkan menit bermain. Ia hanya diberi kesempatan tampil sebanyak dua kali di Premier League. Aleksidze lalu dilepas ke klub lamanya, Dinamo Tbilisi. Ia tak lagi bermain sejak Januari 2014.

5. Zurab Khizanishvili

5 Pemain asal Georgia yang Pernah Berkarier di Premier LeagueZurab Khizanishvili (skysports.com)

Zurab Khizanishvili melengkapi lima pemain Georgia yang pernah berkarier di Premier League. Pemain yang memiliki posisi sebagai bek tengah tersebut bergabung dengan Blackburn Rovers pada musim 2005/2006 dengan status pemain pinjaman dari Rangers.

Khizanishvili lalu dipermanenkan di musim berikutnya. Secara total, ia aktif membela Rovers selama empat setengah musim dengan turun dalam 62 laga di Premier League dan mengemas 1 gol serta 1 assist. Khizanishvili lalu hijrah ke Kayserispor dan pensiun pada Juli 2017.

 

Tak ada prestasi mentereng yang mampu ditorehkan oleh kelima pemain di atas. Namun, mereka telah mampu membuktikan bahwa Georgia juga punya pemain berbakat yang mampu mencicipi kompetisi Premier League.

Baca Juga: 7 Alasan Untuk Mengunjungi Georgia Minimal Sekali Seumur Hidup

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya