5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga

Bundesliga punya daya tarik lebih untuk pemain Asia

Jepang merupakan negara Asia dengan peringkat FIFA terbaik saat ini. Hal tersebut membuktikan betapa mengerikannya kekuatan sepak bola dari Negeri Matahari Terbit. Negara yang berada di wilayah Asia Timur ini memang dikenal memiliki segudang pemain berkualitas. Tak hanya berkarier di Asia, tetapi banyak pemainnya yang merumput di liga top Eropa. 

Bundesliga Jerman menjadi salah satu tujuan berkarier pemain asal Jepang. Setidaknya, terdapat 20 pemain yang pernah mencatatkan penampilan bersama klub Bundesliga. Shinji Kagawa menjadi pemain Jepang paling populer yang pernah berkiprah di Bundesliga. Lalu, siapa sajakah pemain Jepang dengan penampilan terbanyak di Bundesliga?

1. Makoto Hasebe - 317 penampilan

5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga90min.de

Makoto Hasebe menjadi pemain Jepang dengan penampilan terbanyak di Bundesliga. Pemain berposisi gelandang bertahan tersebut sukses mentas dalam 317 laga bersama Wolfburg, FC Nuremberg, dan Eintracht Frankfurt. Ia memulai kiprahnya di Bundesliga dengan bergabung bersama Wolfburg di pertengahan musim 2007/08.

Lima setengah musim berselang, ia merapat ke skuad FC Nuremberg. Barulah tepat di musim 2014/15 Hasebe direkrut oleh Eintracht Frankfurt. Dari 317 laga yang dijalaninya, ia mampu mencetak 7 gol dan 21 assist. Ia juga pernah merasakan meraih 1 gelar Bundesliga dan 1 gelar DFB Pokal. Gelandang berusia 36 tahun tersebut saat ini masih aktif membela Frankfurt dengan kontrak hingga Juni 2021.

2. Yasuhiko Okudera - 234 penampilan

5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Bundesligathesefootballtimes.co

Yasuhiko Okudera menjadi pemain Jepang yang cukup tenar di Bundesliga era 70an dan 80an. Ia sukses mencatatkan 234 penampilan bersama FC Koln dan Werder Bremen. Pemain berposisi bek kiri tersebut awalnya datang ke Bundesliga dengan merapat ke skuad FC Koln di musim 1977/78. 

Lalu, Okudera memutuskan hijrah ke Werder Bremen di musim 1981/82 dan bertahan selama lima musim. Dari 234 laga yang dilakoninya, ia berhasil menciptakan 26 gol dan 3 assist. Ia juga tercatat pernah meraih 1 gelar Bundesliga dan 1 gelar DFB Pokal. Okudera akhirnya tak lagi menjadi pesepak bola sejak Juli 1987.

3. Gotoku Sakai - 170 penampilan

5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Bundesligabundesliga.com

Gotoku Sakai juga merupakan pemain asal Jepang berposisi bek kiri. Ia tercatat mentas dalam 170 laga di Bundesliga bersama VfB Stuttgart dan Hamburger SV. Awalnya, ia membela VfB Stuttgart dengan status pemain pinjaman dari Albirex Niigata di pertengahan musim 2011/12.

Namun, Stuttgart kemudian mempermanenkannya di musim 2013/14. Dua musim berselang, Sakai diboyong Hamburger SV. Sayangnya, tak ada gelar yang mampu diraihnya. Dari 170 laga yang dimainkan, ia berhasil mencetak 2 gol dan 11 assist. Saat ini, pemain berusia 29 tahun tersebut aktif memperkuat klub Jepang, Vissel Kobe.

Baca Juga: 5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Premier League

4. Yuya Osako - 161 penampilan

5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Bundesligagoal.com

Pemain Jepang keempat dengan penampilan terbanyak di Bundesliga adalah Yuya Osako. Ia sukses menorehkan 161 penampilan bersama FC Koln dan Werder Bremen. Pemain berposisi second striker tersebut mulai berkiprah di Bundesliga dengan bergabung bersama FC Koln pada musim 2014/15.

Osako bertahan selama empat musim bersama klub berjuluk The Billy Goats tersebut. Barulah di musim 2018/19, ia berseragam Werder Bremen. Dari 161 laga yang dilakoninya, ia berhasil membukukan 26 gol dan 20 assist. Saat ini, Osako masih membela Bremen dengan durasi kontrak hingga Juni 2022.

5. Shinji Kagawa - 148 penampilan

5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Bundesligabundesliga.com

Di antara pemain Jepang yang pernah berkarier di Bundesliga, Shinji Kagawa menjadi nama yang paling populer. Ia berhasil mencuri panggung saat memperkuat Borussia Dortmund. Pemain berposisi gelandang serang tersebut mengabdi untuk Die Borussen dalam dua periode berbeda. Periode pertama terjadi di musim 2010/11 hingga 2011/12.

Sempat membela Manchester United selama dua musim, ia kemudian kembali berseragam Dortmund di musim 2014/15. Di periode keduanya tersebut, Kagawa bertahan selama lima musim. Dari 148 laga yang dijalani, ia berhasil mencatatkan 41 gol dan 37 assist. Ia juga pernah mencicipi 2 gelar Bundesliga, 2 gelar DFB Pokal, dan 1 gelar German Super Cup. Saat ini, pemain berusia 31 tahun tersebut tak memiliki klub usai kontraknya bersama Real Zaragoza berakhir.

Makoto Hasebe dan Yuya Osako menjadi pemain asal Jepang yang masih aktif berkarier di Bundesliga. Tentunya, kedua pemain tersebut masih memiliki peluang untuk menambah catatan penampilannya. Akankah ada pemain Jepang lainnya yang mampu menyaingi torehan kelima pemain di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Berstatus Pemain Pinjaman di Musim Ini 

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya