3 Statistik Menarik Piala Dunia 2018 Sejauh Ini

#WorldCup2018 Belgia tersubur, Harry Kane top skorer

Piala Dunia 2018 telah menyelesaikan babak 16 besar dan akan segera berlanjut ke babak perempat final. Tinggal 8 tim terbaik yang masih tersisa, sedangkan 24 lainnya telah dipastikan harus pulang lebih awal.

Total 56 pertandingan telah dimainkan sejauh ini dan menghasilkan sejumlah catatan menarik. Berikut 3 di antaranya, dikutip dari situs resmi FIFA.

1. Jumlah dan statistik gol

3 Statistik Menarik Piala Dunia 2018 Sejauh Inififa.com

Gol Yerry Mina ke gawang Inggris di perdelapan final menggenapi 146 gol yang telah tercipta di Rusia sejauh ini (tidak termasuk adu penalti). Artinya, Piala Dunia 2018 butuh minmal 25 gol lagi dalam 8 partai tersisa untuk menyamai rekor edisi 1998 dan 2014 sebagai Piala Dunia paling sarat gol dengan 171 gol.

Ada beberapa catatan menarik dari gol-gol tersebut. Sebanyak 21 gol tercipta dari tendangan penalti. Sedangkan 10 gol lainnya merupakan gol bunuh diri, yang mana merupakan rekor gol bunuh diri terbanyak di Piala Dunia.

Sedangkan jika meninjau dari waktu terciptanya gol, ada cukup banyak gol yang terjadi di menit-menit akhir, yaitu 31 gol (21%) yang terjadi di atas menit ke-80.

2. Tim-tim dengan statistik terbaik

3 Statistik Menarik Piala Dunia 2018 Sejauh Inififa.com

Belgia sejauh ini menjadi tim yang paling subur setelah berhasil mencetak 12 gol dalam 4 laga alias rata-rata 3 gol per pertandingan. Sedangkan predikat tim dengan pertahanan terbaik layak disematkan kepada Uruguay dan Brasil yang sama-sama baru kebobolan sekali dalam 4 pertandingan (rata-rata kebobolan 0,25 per laga).

Meski sudah tergusur, Spanyol ternyata menjadi tim yang paling banyak menyerang. La Furia Roja tercatat 288 kali membangun serangan dalam 4 laga. Tim yang menyingkirkan mereka di 16 besar, Rusia, mencatat aksi bertahan terbanyak dengan total sapuan, tekel, dan penyelamatan yang berjumlah 196.

3. Statistik pemain

3 Statistik Menarik Piala Dunia 2018 Sejauh Inififa.com

Harry Kane masih memimpin daftar top skorer sementara dengan 6 gol. Sedangkan assist terbanyak dibukukan oleh beberapa pemain yang sama-sama membuat 2 assist, di antaranya Eden Hazard dan Lionel Messi. Sementara itu, Neymar menjadi pemain yang paling agresif setelah membuat 24 tembakan, 12 di antaranya ke arah gawang, tapi hanya 2 yang menjadi gol.

Dari segi pertahanan, kiper Meksiko Guillermo Ochoa mencatat jumlah penyelamatan terbanyak dengan 25 kali. Sedangkan bek Kolombia Carlos Sanchez menjadi pemain dengan kedisiplinan terburuk setelah mengoleksi 1 kartu merah dan 1 kartu kuning dalam 3 pertandingan.

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya