5 Gol Tendangan Salto Paling Ikonik di Era Modern, Masih Ingat?

Gol-gol ini sulit dilupakan!

Tendangan bicycle kick atau biasa disebut tendangan salto adalah salah satu teknik tendangan tersulit di sepak bola. Butuh skill tinggi serta timing yang presisi untuk bisa mengeksekusinya dengan sempurna. Namun jika sukses, hasilnya akan tampak sangat indah. Apalagi, jika sampai menjadi gol.

Sepanjang sejarah, ada banyak gol tendangan salto yang pernah terjadi. Namun, di antara semuanya, ada beberapa yang menonjol dan pasti masih kamu ingat sampai sekarang. Tak semata karena keindahannya, momen terjadinya gol tersebut juga membuatnya sulit dilupakan. Inilah 5 gol tendangan salto paling ikonik dalam beberapa dekade terakhir.

1. Ronaldinho (Barcelona vs Villarreal, LaLiga 2006/07) 

https://www.youtube.com/embed/DH_gBJT9bAg

Ronaldinho adalah salah satu pemain di era modern yang permainannya paling enak ditonton. Pemain asal Brasil ini kerap mempertontonkan skill indah di atas lapangan serta membuat gol-gol ajaib. Salah satu gol Ronaldinho yang sering dikenang hingga sekarang adalah gol saltonya ke gawang Villarreal di ajang LaLiga 2006/07.

Yang membuat gol itu ikonik adalah eksekusinya yang luar biasa. Diawali umpan Xavi Hernandez, Ronaldinho mengontrol bola dengan dada, lalu memutar badan dengan cepat sebelum melakukan sepakan salto yang membobol gawang Villarreal. Gol itu adalah gol kedua Ronaldinho di partai tersebut yang berakhir dengan kemenangan Blaugrana 4-0.

2. Wayne Rooney (Manchester United vs Manchester City, Premier League 2010/11) 

https://www.youtube.com/embed/GpSwJWr-hMI

Gol tendangan salto Wayne Rooney ke gawang Manchester City pada laga Premier League 2010/11 juga pasti diingat fans sepak bola. Ada beberapa hal yang membuat gol tersebut tak terlupakan. Selain prosesnya yang luar biasa, gol itu juga jadi penentu kemenangan MU di laga derby Manchester yang memang terkenal panas.

Selain itu, gol kemenangan itu terjadi di paruh kedua musim yang krusial dan turut membuat MU jadi juara liga di akhir musim. Saking indah dan vitalnya, gol Rooney tersebut bahkan terpilih jadi gol terbaik saat perayaan dua dekade Premier League pada tahun 2013. Sempurna!

Baca Juga: Memukau! 5 Gol Salto Terbaik Sepanjang Sejarah Liga Champions Eropa

3. Zlatan Ibrahimovic (Swedia vs Inggris, persahabatan 2012) 

https://www.youtube.com/embed/RM_5tJncHww

Gol salto yang satu ini terjadi di partai persahabatan internasional sehingga maknanya mungkin tak sebesar gol Rooney. Namun, gol ini tetap ikonik karena prosesnya yang dahsyat. Zlatan Ibrahimovic mencetak gol salto dari jarak lebih dari 27 meter!

Insting striker Zlatan sangat terlihat pada gol tersebut karena ia hampir tak melihat arah gawang sebelum memutuskan menembak. Gol tersebut juga patut dikenang karena terjadi di partai pembukaan stadion baru Swedia serta menggenapi quattrick Zlatan dalam laga yang akhirnya dimenangi Swedia 4-2. Luar biasa!

4. Cristiano Ronaldo (Real Madrid vs Juventus, Liga Champions 2017/18) 

https://www.youtube.com/embed/MaKmc1ZxX4Y

Berikutnya adalah gol tendangan salto Cristiano Ronaldo ke gawang Juventus di leg pertama perempat final Liga Champions 2017/18. Membela Real Madrid, Ronaldo mencetak dua gol laga tersebut dan gol keduanya tercipta melalui sepakan salto yang cantik. Fans Juve sendiri bahkan sampai memberikan applause bagi Ronaldo atas gol tersebut.

Real Madrid akhirnya menang 3-0 di laga yang digelar di kandang Juventus tersebut. Di leg kedua, Madrid kalah 1-3 dari Juve, tapi tetap lolos ke semifinal karena unggul agregat 4-3. Madrid lalu melangkah sampai ke final dan di final pun ada pemain Los Blancos yang berhasil mencetak gol salto menawan.

5. Gareth Bale (Real Madrid vs Liverpool, Liga Champions 2017/18) 

https://www.youtube.com/embed/VfhFW18uhBE

Pemain tersebut adalah Gareth Bale. Ia mencetak gol salto ke gawang Liverpool di final Liga Champions 2017/18 yang sekaligus mengantarkan Madrid juara. Bale bahkan sukses mencetak dua gol di laga tersebut, padahal ia hanya turun sebagai pemain pengganti di menit 61.

Hanya dua menit setelah masuk lapangan, Bale langsung mencetak gol salto yang sensasional. Selain indah, gol itu juga krusial karena membuat Madrid mengembalikan keunggulan menjadi 2-1 setelah sebelumnya Liverpool sempat menyamakan skor. Bale lalu mencetak gol keduanya di menit 83 yang memastikan The Reds tak bisa lagi mengejar.

 

Itulah lima gol tendangan salto yang paling indah dan ikonik di era sepak bola modern. Kalau menurutmu, gol mana yang terbaik di antara kelimanya?

Baca Juga: Gol Salto Sensasional Bomber Porto, Mirip Cristiano Ronaldo

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya