5 Jebolan Akademi Valencia yang Pernah Membela Klub Serie A

Yunus Musah terbaru

Akademi Valencia menghasilkan banyak pemain berkualitas sejak dahulu. Beberapa contoh di antaranya adalah David Silva, Isco Alarcon, hingga Ferran Torres.

Sebagian besar jebolan akademi Valencia tentu lebih populer saat bermain di LaLiga Spanyol. Namun, ada pula yang pernah menyambangi liga-liga lain. Serie A Italia adalah salah satunya. Jumlahnya memang tak banyak, tetapi baru saja bertambah pada 2023/2024.

Inilah lima pemain didikan akademi Valencia yang pernah berseragam klub Serie A.

1. Javier Farinos minim kesan selama 5 tahun membela Inter Milan

5 Jebolan Akademi Valencia yang Pernah Membela Klub Serie AJavier Farinos (inter.it)

Pertama, ada Javier Farinos, eks gelandang asal Spanyol. Farinos mengawali kariernya bersama Valencia setelah lulus dari akademi pada 1996. Usai bertahan selama 4 musim, Farinos mencoba peruntungan di Italia dengan bergabung ke Inter Milan.

Farinos berseragam Inter Milan selama 5 musim. Namun, tak banyak kesan yang ia hadirkan bagi Nerazzurri. Ia sempat absen lama akibat cedera serta pernah pula dipinjamkan kepada klub lain. Pada akhirnya, Farinos hanya mencatat total 77 penampilan di semua ajang bersama Inter Milan.

2. Raul Albiol sukses bersama Napoli

5 Jebolan Akademi Valencia yang Pernah Membela Klub Serie ARaul Albiol (instagram.com/raulalbiol33)

Berikutnya, ada Raul Albiol, bek yang pernah meraih banyak sukses dalam kariernya. Albiol pernah memenangi trofi bareng Valencia, Real Madrid, dan klubnya saat ini, Villarreal. Bahkan, ia juga berjaya saat bermain di Italia pada 2013–2019 bersama Napoli.

Selama berseragam Napoli, Albiol selalu jadi andalan di lini belakang. Napoli bahkan akhirnya jadi klub yang paling banyak dibela Albiol. Ia tampil 236 kali bagi I Partenopei dan turut memenangi trofi Coppa Italia 2013/2014 dan Piala Super Italia 2014.

Baca Juga: 6 Pemain yang Pergi Permanen dari Valencia pada Musim Panas 2023

3. Gonzalo Villar tak bertahan lama jadi andalan AS Roma

5 Jebolan Akademi Valencia yang Pernah Membela Klub Serie AGonzalo Villar (asroma.com)

Ada pula Gonzalo Villar, gelandang lulusan akademi Valencia yang tak sempat tampil bersama tim utama. Ia hanya pernah membela tim reserve Valencia di Divisi Segunda pada 2015–2018. Setelah dilepas, Villar masih lanjut berlaga di Segunda bareng Elche.

Meski hanya bermain di divisi kedua, Villar sukses menarik perhatian AS Roma. Ia diboyong Giallorossi pada Januari 2020. Sempat jadi andalan, Villar belakangan hanya jadi pinjaman di klub-klub lain. Villar baru meninggalkan AS Roma pada musim panas 2023 dan pulang ke Spanyol.

4. Florent Shehu hanya pernah bermain bagi tim junior Lazio

5 Jebolan Akademi Valencia yang Pernah Membela Klub Serie AFlorent Shehu (instagram.com/florent_shehu)

Lazio sang tetangga AS Roma juga pernah memiliki jebolan akademi Valencia. Ia adalah Florent Shehu, winger asal Swiss yang kini berusia 21 tahun. Shehu bergabung dengan Lazio pada musim panas 2019. Namun, ia hanya pernah tampil bareng tim junior Lazio.

Shehu sebenarnya sempat duduk di bangku cadangan tim senior Lazio. Namun, ia tak diberi kesempatan tampil. Kini, Shehu sudah hengkang dari Biancocelesti. Ia bergabung ke klub Turki, Adana Demirspor, pada September 2023.

5. Yunus Musah jadi andalan Valencia sejak remaja

5 Jebolan Akademi Valencia yang Pernah Membela Klub Serie AYunus Musah berseragam Valencia. (instagram.com/yunus.musah8)

Yunus Musah menjadi pemain didikan akademi Valencia terbaru yang bermain di Serie A. Musah baru didatangkan AC Milan pada musim panas 2023. Sebelumnya, gelandang asal Amerika Serikat itu membela Valencia sejak lulus dari akademi pada 2019.

Bersama Valencia, Musah sukses jadi andalan meski saat itu masih remaja. Ia mengoleksi total 108 laga di semua ajang dalam 3 musim. Kini, pemain berusia 20 tahun itu juga mulai sering bermain bagi AC Milan. Ia sudah melakoni lima laga pada 2023/2024, meski sebagian besar sebagai pengganti.

Kebanyakan jebolan akademi Valencia terbilang gagal bersinar saat membela klub Serie A. Bisakah Yunus Musah menjadi pengecualian bersama AC Milan di Serie A 2023/2024?

Baca Juga: 5 Pemain yang Didatangkan Valencia pada Musim Panas 2023

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya