5 Lulusan Akademi Manchester United Terakhir yang Dilego ke Klub Lain

Ada yang belasan tahun membela Manchester United

Akademi Manchester United sejak dahulu dikenal sebagai penghasil pemain kelas dunia. Fans sepak bola tentu masih ingat Class of 92 jebolan akademi sepak bola Setan Merah yang melegenda.

Beberapa pemain Manchester United saat ini juga termasuk produk akademi mereka. Salah satunya Marcus Rashford.

Meski begitu, ada banyak pula didikan akademi Manchester United yang akhirnya dilepas ke klub lain. Karena berbagai alasan, jasa mereka tak terpakai lagi di skuad Setan Merah.

Inilah lima lulusan akademi Manchester United terakhir yang dilepas ke klub lain.

1. Joel Pereira

5 Lulusan Akademi Manchester United Terakhir yang Dilego ke Klub LainJoel Pereira (instagram.com/joelpereira1)

Manchester United melepas satu pemain didikan akademi mereka pada musim panas 2021. Ia adalah Joel Pereira, kiper asal Portugal. Joel Pereira sudah cukup lama jadi bagian tim senior Manchester United, tepatnya sejak 2015.

Sayangnya, Joel Pereira nyaris tak pernah diberi kesempatan tampil. Ia hanya pernah tiga kali bermain bareng Setan Merah dan hampir selalu dipinjamkan ke klub lain. Joel Pereira pun akhirnya hengkang ke klub Belanda, RKC Waalwijk, pada musim panas 2021.

2. Jesse Lingard

5 Lulusan Akademi Manchester United Terakhir yang Dilego ke Klub LainJesse Lingard (instagram.com/jesselingard)

Pada musim panas 2022, Manchester United melakukan perombakan skuad. Setan Merah melepas 7 pemain secara permanen, termasuk 4 lulusan akademi mereka. Salah satunya Jesse Lingard, gelandang yang menetap di Manchester United sejak 2011.

Jika menghitung masa di akademi, maka Lingard sudah berseragam Setan Merah lebih dari 20 tahun. Sayangnya, karier Lingard bersama Manchester United naik turun. Ia sempat jadi idola publik Old Trafford, tetapi penampilannya juga pernah merosot tajam.

Inkonsistensi performa pun membuat Lingard makin tersisih dari tim inti. Akhirnya, setelah melakoni 232 laga di semua ajang, Lingard memutuskan hengkang dari Manchester United. Ia merapat ke Nottingham Forest, klub promosi di English Premier League (EPL) 2022/2023.

Baca Juga: 5 Bintang yang Ternyata Punya Gaji Lebih Rendah dari Jesse Lingard

3. Paul Pogba

5 Lulusan Akademi Manchester United Terakhir yang Dilego ke Klub LainPaul Pogba (instagram.com/paulpogba)

Seperti Lingard, Paul Pogba juga lulus akademi Manchester United pada 2011. Mereka merupakan teman akrab sejak di akademi. Bersama Lingard pula, Pogba meninggalkan Manchester United pada musim panas 2022. Ia bergabung ke raksasa Italia, Juventus.

Hijrah dari Manchester United ke Juventus sendiri bukan pengalaman pertama bagi Pogba. Gelandang Prancis itu sudah pernah melakukannya pada 2012. Namun, Pogba memutuskan kembali ke Old Trafford pada 2017 dengan memecahkan rekor transfer termahal dunia kala itu.

Periode kedua Pogba di Manchester United lebih cemerlang. Ia jadi andalan di lini tengah dan sukses meraih tiga gelar juara. Namun, pengabdian Pogba untuk Setan Merah kembali menemui akhir. Ia lagi-lagi pergi dengan gratis karena kontraknya sudah habis.

4. Andreas Pereira

5 Lulusan Akademi Manchester United Terakhir yang Dilego ke Klub LainAndreas Pereira (manutd.com)

Andreas Pereira juga dilepas Manchester United pada musim panas 2022. Pereira adalah gelandang asal Brasil yang lulus dari akademi Setan Merah pada 2014. Selama 8 musim berikutnya, ia loyal kepada Manchester United, tetapi kesulitan mendapat tempat di tim inti.

Secara total, Pereira memainkan 75 pertandingan bersama Manchester United. Namun, kontribusinya hanya berupa 4 gol dan 5 assist. Pereira pun dilepas ke Fulham pada musim panas 2022. Ia kini sukses menjadi andalan The Cottagers.

5. Tahith Chong

5 Lulusan Akademi Manchester United Terakhir yang Dilego ke Klub LainTahith Chong (instagram.com/tahithchong)

Satu lagi pemain akademi Manchester United yang hengkang pada musim panas 2022. Ia adalah Tahith Chong, winger 23 tahun asal Belanda. Chong mulai menjadi bagian tim senior Manchester United pada 2018/2019. Ia bermain empat kali sepanjang musim tersebut.

Musim 2019/2020, jumlah penampilan Chong bertambah menjadi 12 laga. Namun, itu juga menjadi musim terakhirnya bersama Setan Merah. Ia hanya jadi pinjaman pada dua musim berikutnya. Akhirnya Chong dilepas ke Birmingham City yang main di divisi Championship.

Musim 2022/2023 ini, Manchester United masih memiliki beberapa pemain lulusan akademi. Namun, beberapa di antaranya minim kesempatan bermain, bahkan ada yang dipinjamkan. Apakah mereka juga akhirnya akan dilepas ke klub lain?

Baca Juga: 5 Klub yang Dapat Menampung Paul Pogba jika Dibuang Juventus

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya