5 Negara Eropa dengan Peringkat FIFA Terbaik setelah Piala Dunia 2022

Ada yang naik lima peringkat

Peringkat FIFA terbaru rilis pada 22 Desember 2022 lalu. Daftar tersebut menjadi cerminan prestasi negara peserta Piala Dunia 2022. Performa apik di Qatar membuat beberapa negara mengalami kenaikan peringkat, ada pula sebaliknya.

Dua tempat teratas di peringkat FIFA kini ditempati wakil Amerika Selatan, Brasil dan Argentina. Bagaimana dengan para wakil Eropa? Begini daftar negara Eropa dengan peringkat FIFA terbaik setelah Piala Dunia 2022.

1. Prancis (3)

5 Negara Eropa dengan Peringkat FIFA Terbaik setelah Piala Dunia 2022Para pemain Timnas Prancis merayakan gol di Piala Dunia 2022. (instagram.com/equipedefrance)

Prancis adalah negara Eropa dengan prestasi terbaik di Piala Dunia 2022. Tampil dengan status juara bertahan, Les Blues berhasil mencapai final. Meski akhirnya gagal juara karena dikalahkan Argentina, performa Prancis di Qatar tetap memukau.

Prancis kini menjadi negara Eropa dengan peringkat FIFA tertinggi. Mereka duduk di tangga ketiga setelah berada di peringkat keempat. Posisi terbaik Prancis di peringkat FIFA adalah posisi pertama, yang terakhir kali mereka raih pada September 2018.

2. Belgia (4)

5 Negara Eropa dengan Peringkat FIFA Terbaik setelah Piala Dunia 2022Timnas Belgia tampil buruk di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Timnas Belgia memang belum pernah juara Piala Dunia maupun Piala Eropa. Namun, generasi emas Belgia sering meraih hasil positif di kancah internasional. Alhasil, mereka sempat sempat memuncaki peringkat FIFA hingga Maret 2022.

Setelah itu, Belgia turun ke peringkat kedua karena disalip Brasil. Bahkan, mereka kini merosot ke peringkat keempat setelah tampil buruk di Piala Dunia 2022. The Red Devils gagal lolos dari fase grup, prestasi terburuk mereka di Piala Dunia sejak 1998.

Baca Juga: 5 Kiper yang Bisa Menggantikan Posisi Hugo Lloris di Timnas Prancis

3. Inggris (5)

5 Negara Eropa dengan Peringkat FIFA Terbaik setelah Piala Dunia 2022Para pemain Inggris merayakan gol di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Inggris tidak mengalami kenaikan maupun penurunan peringkat FIFA setelah Piala Dunia 2022. The Three Lions tetap menghuni peringkat kelima. Capaian Inggris di Piala Dunia 2022 sendiri cukup baik, tetapi tidak bisa dibilang istimewa.

Inggris berhasil mencapai perempat final Piala Dunia 2022. Mereka sempat memberi perlawanan sengit kepada Prancis, tetapi akhirnya keok 1-2. Bagi Inggris, itu adalah penurunan prestasi setelah sukses menapak semifinal di Piala Dunia 2018 Rusia.

4. Belanda (6)

5 Negara Eropa dengan Peringkat FIFA Terbaik setelah Piala Dunia 2022Para pemain Belanda merayakan gol di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Timnas Belanda juga berhasil mencapai perempat final Piala Dunia 2022. Tim Oranye bahkan sempat berpeluang ke semifinal, meski akhirnya kalah adu penalti dari Argentina. Meski demikian, itu tetap capaian yang apik, apalagi setelah absen di Piala Dunia 2018.

Posisi Belanda di peringkat FIFA terbaru pun meningkat. Mereka kini duduk di posisi 6, menggeser Italia yang melorot ke posisi 8. Capaian terbaik Belanda di peringkat FIFA adalah peringkat pertama, yang sempat mereka rasakan pada Agustus 2011.

5. Kroasia (7)

5 Negara Eropa dengan Peringkat FIFA Terbaik setelah Piala Dunia 2022Timnas Kroasia menjadi juara ketiga Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Kroasia membuat kejutan di Piala Dunia 2018 dengan menjadi finalis. Ternyata, kejutan mereka berlanjut di Piala Dunia 2022. Vatreni lagi-lagi pulang dengan kalungan medali, kali ini medali perunggu. Itu terjadi berkat raihan peringkat ketiga.

Capaian tersebut membuat posisi Kroasia di peringkat FIFA meningkat. Kenaikannya pun cukup signifikan, yaitu 5 tingkat dari posisi 12 ke posisi 7. Namun, itu masih belum menyamai peringkat FIFA terbaik yang pernah mereka raih, yaitu peringkat ketiga pada 1999.

Lima negara di atas kini menjadi negara Eropa peringkat FIFA terbaik. Bisakah mereka mempertahankan atau bahkan meningkatkan posisinya?

Baca Juga: Jordan Pickford Terbukti Pantas Jadi Kiper Utama Timnas Inggris

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya