Comscore Tracker

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak Bagi Chelsea, Drogba Memimpin

Semuanya bermain pada era Premier League

Fans Chelsea pasti tahu bahwa sosok pencetak gol terbanyak dalam sejarah The Blues adalah Frank Lampard. Mantan gelandang Inggris itu membuat total 211 gol selama 13 tahun membela Chelsea. Rekor Lampard tersebut sangat mungkin bertahan lama karena tak ada pemain aktif Chelsea saat ini yang mendekati koleksinya.

Tak hanya Lampard, deretan pemain yang mengisi daftar top skor sepanjang masa Chelsea pun sebagian besar berasal dari Inggris. Namun, ada pula para pemain asing yang mewarnai sejarah The Blues dengan mencetak banyak gol. Dipimpin oleh Didier Drogba, intip sederet pemain asing dengan gol terbanyak bagi Chelsea berikut ini, yuk!

1. Didier Drogba (164 gol)

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak Bagi Chelsea, Drogba MemimpinDidier Drogba (chelseafc.com)

Didier Drogba memimpin daftar ini dengan koleksi 164 gol selama total sembilan musim membela Chelsea. Jumlah tersebut tidak saja membuat Drogba menjadi pemain asing tertajam bagi Chelsea. Striker asal Pantai Gading ini juga duduk di posisi keempat daftar pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah The Blues.

Ketajaman Drogba berperan besar membawa Chelsea meraih 14 trofi, termasuk 4 English Premier League (EPL) dan 1 Liga Champions. Ia juga pernah dua kali menjadi top skor EPL dan satu kali jadi pemain terbaik Chelsea. Tak diragukan bahwa Drogba adalah salah satu legenda terbesar yang pernah dimiliki Chelsea.

2. Eden Hazard (110 gol)

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak Bagi Chelsea, Drogba Memimpinpotret Eden Hazard (goal.com)

Eden Hazard adalah satu-satunya pemain di daftar ini yang masih aktif bermain. Gelandang asal Belgia ini tengah membela Real Madrid sejak 2019 setelah sebelumnya menghabiskan tujuh musim bersama Chelsea. Hazard meraih masa kejayaan kariernya secara individual bersama The Blues.

Selama membela Chelsea, Hazard bermain 352 kali di semua ajang dan membuat 110 gol serta 92 assists. Kontribusinya turut membawa Chelsea memenangi 6 trofi, termasuk 2 gelar EPL. Kini, setelah bergabung dengan Real Madrid, Hazard justru kesulitan mengulang performa apiknya seperti saat membela Chelsea.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Pernah Menggunakan Topeng Saat Tanding

3. Jimmy Floyd Hasselbaink (87 gol)

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak Bagi Chelsea, Drogba MemimpinJimmy Floyd Hasselbaink (chelseafc.com)

Berikutnya, ada nama Jimmy Floyd Hasselbaink, striker asal Belanda yang membela Chelsea medio 2000–2004. Hasselbaink menarik minat Chelsea setelah menunjukkan tajinya di EPL bersama Leeds United. Ia bahkan sempat menjadi top skor EPL saat membela Leeds pada 1998/1999 dengan torehan 18 gol.

Bersama Chelsea, Hasselbaink ternyata sukses jadi top skor EPL lagi pada 2000/2001. Secara keseluruhan, Hasselbaink menorekan 87 gol dalam 177 penampilan bersama The Blues di semua ajang. Namun, ketajaman Hasselbaink hanya berbuah satu trofi kolektif bagi Chelsea, yaitu Charity Shield 2000.

4. Gianfranco Zola (80 gol)

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak Bagi Chelsea, Drogba MemimpinGianfranco Zola (premierleague.com)

Sudah bukan rahasia bahwa para pemain asal Italia pun kerap jadi andalan Chelsea pada era EPL. Beberapa dari mereka sukses menunjukkan sinarnya selama membela Si Biru. Salah satunya Gianfranco Zola, striker Italia yang diboyong Chelsea setelah ia sukses besar bersama Parma.

Zola menjadi bagian Chelsea medio 1996–2003. Ia sukses jadi andalan di lini depan hingga mengoleksi 312 penampilan dengan koleksi 80 gol. Karier Zola di Chelsea juga bertabur enam trofi. Tak hanya itu, ia juga sempat dua kali terpilih jadi pemain terbaik The Blues pada 1998/1999 dan 2002/2003.

5. Eidur Gudjohnsen (78 gol)

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak Bagi Chelsea, Drogba MemimpinEidur Gudjohnsen (chelseafc.com)

Nama kelima diisi eks striker asal Islandia, Eidur Gudjohnsen. Gudjohnsen adalah salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Islandia. Ia pernah membela klub-klub top Eropa, seperti Chelsea, Barcelona, AS Monaco, hingga Tottenham Hotspur. Chelsea adalah klub terlama yang ia bela, tepatnya medio 2000–2006.

Bersama The Blues, Gudjohnsen mengoleksi 78 gol dalam 263 penampilan di semua kompetisi. Sebanyak 5 trofi pun berhasil ia menangi, termasuk 2 trofi EPL. Kini, Gudjohnsen tengah merintis karier sebagai pelatih dengan menangani klub Hafnarfjordur di negaranya sendiri.

Para pemain asing di atas berandil besar membawa kejayaan bagi Chelsea, baik sebelum maupun setelah era Roman Abramovich. Saat ini, Chelsea pun masih sering mengandalkan pemain asing sebagai pendulang gol. Siapa pemain Chelsea saat ini yang menurutmu bakal konsisten mencetak gol hingga menyusul kelima nama di atas?

Baca Juga: 5 Pemain yang Temukan Sinarnya Usai Tinggalkan Chelsea

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya