Comscore Tracker

8 Pemenang Ballon d'Or yang Pernah Main Bareng Roberto Carlos

Deretan pemain legendaris!

Fans sepak bola sejati pasti kenal Roberto Carlos. Roberto Carlos adalah salah satu bek kiri terbaik yang bermain pada era modern. Ia berkarier sejak 1991 hingga 2012. Pemain asal Brasil ini meraih banyak sukses dalam kariernya, baik di level klub maupun bersama timnas.

Roberto Carlos tak pernah meraih Ballon d'Or semasa bermain. Prestasi terbaiknya dalam ajang Ballon d'Or adalah posisi kedua pada tahun 2002. Namun, ia pernah merasakan main di tim yang sama dengan beberapa peraih Ballon d'Or. Inilah delapan pemenang Ballon d'Or yang pernah main bareng Roberto Carlos.

1. Ronaldo

8 Pemenang Ballon d'Or yang Pernah Main Bareng Roberto Carlospotret Ronaldo dan Roberto Carlos (twitter.com/fourfourtwosg)

Roberto Carlos bermain pada era saat Brasil memiliki generasi emas yang bertabur bintang. Tak heran jika beberapa rekannya di Timnas Brasil pernah meraih trofi Ballon d'Or. Yang pertama meraihnya adalah Ronaldo Luis Nazario de Lima pada tahun 1997.

Ronaldo saat itu memenangi Ballon d'Or saat masih berusia 21 tahun sehingga ia menjadi pemenang Ballon d'Or termuda sepanjang sejarah. Setelah itu, Ronaldo meraih Ballon d'Or untuk kedua kalinya pada 2002. Kebetulan saat itu Roberto Carlos berada di urutan kedua pemilihan pemenang Ballon d'Or.

Selain di timnas, Roberto Carlos dan Ronaldo juga pernah main bareng di Real Madrid dan Corinthians. Oleh karena itu, keduanya sangat sering tampil bareng, tepatnya 268 kali di semua ajang. Gelar paling bergengsi yang pernah mereka raih bersama tentu adalah Piala Dunia 2002.

2. Rivaldo

8 Pemenang Ballon d'Or yang Pernah Main Bareng Roberto Carlospotret Rivaldo berseragam Timnas Brasil (thesefootballtimes.co)

Skuad Brasil di Piala Dunia 2002 juga mencakup Rivaldo. Rivaldo dan Roberto Carlos sempat jadi rekan setim saat membela Palmeiras pada awal karier mereka berdua. Namun, mereka juga pernah jadi rival di LaLiga saat Rivaldo membela Barcelona, sedangkan Roberto Carlos berseragam Real Madrid.

Rivaldo memenangi Ballon d'Or pada tahun 1999. Saat itu ia jadi pemenang setelah membawa Barcelona memenangi LaLiga 1998/1999 dan membawa Timnas Brasil juara Copa America 1999. Secara total, Roberto Carlos dan Rivaldo pernah main bareng dalam 67 laga di level klub dan timnas.

3. Ronaldinho

8 Pemenang Ballon d'Or yang Pernah Main Bareng Roberto Carlospotret Ronaldinho berseragam Timnas Brasil (twitter.com/10ronaldinho)

Satu lagi bintang Brasil yang turut menjuarai Piala Dunia 2002 bersama Roberto Carlos adalah Ronaldinho. Tak seperti Ronaldo dan Rivaldo, Ronaldinho tak pernah membela klub yang sama dengan Roberto Carlos. Ia justru pernah jadi rival Roberto Carlos saat membela Barcelona pada 2003 hingga 2008.

Oleh karena itu, Roberto Carlos dan Ronaldinho hanya pernah main bareng saat membela Timnas Brasil. Tepatnya, keduanya tampil bersama dalam 49 laga. Selain Piala Dunia 2002, Roberto Carlos dan Ronaldinho juga bersama-sama menjuarai Copa America 2005.

4. Kaka

8 Pemenang Ballon d'Or yang Pernah Main Bareng Roberto Carlospotret Kaka berseragam Timnas Brasil (transfermarkt.com)

Satu lagi peraih Ballon d'Or asal Brasil yang pernah main bareng Roberto Carlos adalah Ricardo Kaka. Namun, Kaka berusia jauh lebih muda daripada Roberto Carlos. Oleh karena itu, keduanya hanya sempat tampil bersama sebanyak 27 kali, semuanya saat membela timnas.

Kaka sebenarnya sempat membela Real Madrid pada 2009 hingga 2013. Namun, Roberto Carlos sudah keburu meninggalkan Los Blancos pada 2007. Kaka meraih Ballon d'Or pada 2007. Sementara itu, Roberto Carlos pensiun dari timnas pada 2006 sehingga Roberto Carlos tak pernah main bareng Kaka setelah ia memenangi Ballon d'Or.

Baca Juga: Jalan Berliku Ricardo Kaka, Sosok Religius di Atas Lapangan Hijau

5. Zinedine Zidane

8 Pemenang Ballon d'Or yang Pernah Main Bareng Roberto Carlospotret Zinedine Zidane berseragam Real Madrid (realmadrid.com)

Selain para pemain asal Brasil, Roberto Carlos juga pernah main bareng empat peraih Ballon d'Or dari negara lain. Pertama ada Zinedine Zidane. Playmaker asal Prancis ini pernah jadi rekan setim Roberto Carlos selama 5 tahun saat ia membela Real Madrid pada 2001 hingga 2006.

Secara total, Zidane dan Roberto Carlos pernah tampil bersama dalam 203 pertandingan. di semua ajang. Kerja sama keduanya pun membuahkan enam trofi bagi Real Madrid, termasuk trofi LaLiga dan Liga Champions. Zidane sendiri meraih trofi Ballon d'Or pada 1998 setelah membawa Prancis juara Piala Dunia.

6. Luis Figo

8 Pemenang Ballon d'Or yang Pernah Main Bareng Roberto Carlospotret Luis Figo berseragam Real Madrid (transfermarkt.com)

Ada pula Luis Figo, pemain asal Portugal yang memenangi Ballon d'Or pada tahun 2000. Saat itu, Figo sudah jadi rekan setim Roberto Carlos di Real Madrid. Figo jadi peraih Ballon d'Or 2000 dengan mengalahkan Zinedine Zidane di tempat kedua. Padahal, pada tahun tersebut Zidane sukses membawa Timnas Prancis juara Piala Eropa.

Figo menjadi rekan setim Roberto Carlos selama 5 tahun, yaitu dari 2000 hingga 2005. Keduanya tampil bersama dalam 223 laga di semua ajang. Mereka berdua juga sama-sama meraih 7 trofi, termasuk 2 LaLiga dan 1 Liga Champions.

7. Michael Owen

8 Pemenang Ballon d'Or yang Pernah Main Bareng Roberto Carlospotret Michael Owen berseragam Real Madrid (twitter.com/english_as)

Ada pula Michael Owen, penyerang legendaris Liverpool yang memenangi Ballon d'Or pada tahun 2001. Saat itu Owen jadi pemenang setelah membawa The Reds meraih lima trofi sepanjang tahun tersebut. Masih berusia 22 tahun, Owen pun menjadi pemain termuda kedua yang sukses memenangi Ballon d'Or.

Setelah membela Liverpool selama 8 tahun, Owen hijrah Real Madrid pada 2004. Ia pun jadi rekan setim Roberto Carlos meski hanya semusim karena ia pindah lagi pada musim berikutnya. Selama membela Madrid, Owen sempat mencatat 39 penampilan bareng Roberto Carlos di semua ajang.

8. Fabio Cannavaro

8 Pemenang Ballon d'Or yang Pernah Main Bareng Roberto Carlospotret Fabio Cannavaro berseragam Real Madrid (transfermarkt.com)

Terakhir ada Fabio Cannavaro, bek asal Italia yang memenangi Ballon d'Or pada 2006. Cannavaro terpilih sebagai pemenang karena berperan besar membawa Timnas Italia juara Piala Dunia 2006. Pada tahun itu pula Cannavaro pindah dari Juventus ke Real Madrid sehingga jadi rekan setim Roberto Carlos.

Keduanya akhirnya hanya main bareng selama semusim karena Roberto Carlos hijrah dari Real Madrid pada 2007. Keduanya bahu-membahu di lini belakang Real Madrid dalam 26 pertandingan di semua ajang. Mereka pun sempat sama-sama mengangkat satu trofi, yaitu LaLiga 2006/2007.

 

Kehebatan Roberto Carlos selama berkarier membuatnya sempat bermain dengan para peraih Ballon d'Or di atas. Selain main bareng, ia juga sukses meraih banyak trofi bersama mereka. Benar-benar karier yang luar biasa!

Baca Juga: Roberto Carlos Buka Suara Soal Luke Shaw Disejejarkan dirinya 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya