Deretan Prestasi Gareth Bale selama Berkarier, Bergemilang Sukses!

Punya koleksi trofi kolektif dan penghargaan individu

Gareth Bale telah memutuskan untuk pensiun sebagai pemain sepak bola. Winger asal Wales itu pun menuntaskan karier profesionalnya yang dimulai sejak 2006. Selama sekitar 16 tahun berkarier, banyak prestasi kolektif ataupun individual yang berhasil diraih Bale.

Prestasi Bale tak terbatas di level klub. Ia juga amat berjasa bagi Timnas Wales, bahkan layak dianggap salah satu pemain Wales terhebat sepanjang masa. Berikut ini adalah deretan prestasi Gareth Bale selama menjadi pemain.

1. Meraih belasan trofi kolektif

Deretan Prestasi Gareth Bale selama Berkarier, Bergemilang Sukses!Gareth Bale meraih lima trofi Liga Champions selama berkarier. (instagram.com/garethbale11)

Selama bermain, Bale meraih total 18 trofi kolektif di level klub. Sebanyak 16 trofi di antaranya ia raih saat membela Real Madrid, sedangkan dua sisanya diperoleh Bale bersama klub terakhirnya, Los Angeles FC.

Total 16 trofi yang ia menangi bersama Real Madrid mencakup 3 trofi LaLiga, 5 Liga Champions, dan 8 trofi lain. Lima gelar Liga Champions yang ia raih pun membuatnya tercatat sebagai pemain Wales dengan trofi Liga Champions terbanyak.

Bale juga pernah membela Southampton dan Tottenham Hotspur pada awal kariernya. Ia tidak berhasil meraih gelar bersama kedua klub tersebut. Bale sempat dua kali mengantarkan Tottenham ke final Piala Liga, tetapi gagal membawa pulang trofi.

2. Pernah menjadi pemain terbaik English Premier League

Deretan Prestasi Gareth Bale selama Berkarier, Bergemilang Sukses!Gareth Bale menjadi pemain terbaik Premier League 2012/2013. (twitter.com/SpursOfficial)

Selain trofi kolektif, Gareth Bale juga pernah meraih beberapa penghargaan individual. Yang paling bergengsi adalah Premier League Player of the Season alias pemain terbaik English Premier League (EPL). Penghargaan itu diraih Bale pada musim 2012/2013.

Saat itu, Bale memang tampil luar biasa di EPL. Ia tampil 33 kali dan mencetak 21 gol serta 8 assist. Sementara itu, statistiknya di semua ajang adalah 44 penampilan dengan 26 gol dan 14 assist. Tak heran Bale terpilih jadi pemain terbaik Tottenham musim tersebut.

Bale juga pernah dua kali menjadi pemain muda terbaik Tottenham pada 2009/2010 dan 2010/2011. Ia juga 5 kali menjadi pemain terbaik Wales, 3 kali menjadi Premier League Player of the Month, dan sederet penghargaan individual lainnya.

3. Membawa Timnas Wales tampil di Piala Eropa untuk pertama kali

Deretan Prestasi Gareth Bale selama Berkarier, Bergemilang Sukses!Gareth Bale tampil di Piala Eropa 2016. (instagram.com/garethbale11)

Bersama Timnas Wales, Bale memang tidak berhasil meraih trofi. Namun, ia tetap punya jasa luar biasa bagi negaranya. Wales yang merupakan negara kecil di dunia sepak bola sempat dibawanya menjadi tim yang disegani.

Sebelum era Bale, Timnas Wales belum pernah lolos ke Piala Eropa. Bale dan rekan-rekannya kemudian sukses membuat sejarah dengan tampil di Piala Eropa untuk pertama kali pada 2016. Bahkan, Bale mencetak tiga gol di Piala Eropa 2016 dan meloloskan Wales ke semifinal.

Tak sampai di situ, Wales kembali berlaga di Piala Eropa 2020. Bersama Bale yang sudah menjadi kapten, Wales lagi-lagi mencapai babak knockout meski hanya sampai perdelapan final. Secara total, Bale mencatat 10 penampilan di Piala Eropa dengan 3 gol dan 2 assist.

Baca Juga: Mengenang 3 Momen Saat Gareth Bale Mengguncang Dunia

4. Membawa Timnas Wales lolos ke Piala Dunia setelah 64 tahun

Deretan Prestasi Gareth Bale selama Berkarier, Bergemilang Sukses!Gareth Bale merayakan gol di Piala Dunia 2022. (instagram.com/garethbale11)

Tak hanya Piala Eropa, Gareth Bale juga sukses memimpin Timnas Wales lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar. Itu adalah penampilan pertama Wales di Piala Dunia sejak 1958 alias 64 tahun sebelumnya. Debut Bale di Piala Dunia bahkan langsung berbuah gol ke gawang Amerika Serikat.

Pada akhirnya, Wales memang gugur di fase grup Piala Dunia 2022. Namun, bisa tampil di ajang paling bergengsi tersebut tetap sebuah kebanggaan luar biasa bagi Wales. Bale pun sempat merasakan 3 kali tampil dan mencetak 1 gol di Piala Dunia.

5. Memecahkan rekor penampilan dan gol terbanyak bersama Timnas Wales

Deretan Prestasi Gareth Bale selama Berkarier, Bergemilang Sukses!Gareth Bale kini punya dua rekor bersama Timnas Wales. (instagram.com/garethbale11)

Masa bakti Bale kepada Timnas Wales berlangsung sejak 2006–2022. Selama periode tersebut, Bale mencatat total 111 caps di semua ajang. Jumlah itu membuat Bale menjadi pemain dengan penampilan terbanyak bagi Timnas Wales saat ini.

Selain itu, rekor gol terbanyak bagi Timnas Wales pun dipegang Bale. Golnya di Piala Dunia 2022 adalah yang ke-41 bagi timnas. Ia sudah sejak lama melewati rekor yang sebelumnya dipegang Ian Rush, striker legendaris Wales yang mengoleksi 28 gol internasional.

6. Mencetak lebih dari 200 gol dan 150 assist selama berkarier

Deretan Prestasi Gareth Bale selama Berkarier, Bergemilang Sukses!Gareth Bale mencetak lebih dari 200 gol sepanjang kariernya. (instagram.com/garethbale11)

Gareth Bale gantung sepatu pada usia 33 tahun. Itu adalah usia yang terbilang cukup dini untuk pensiun dari lapangan hijau. Namun, Bale sudah bisa pensiun dengan puas dan bangga karena telah meraih banyak pencapaian.

Statistik gol dan assist-nya selama berkarier juga luar biasa. Secara keseluruhan, Bale bermain 665 kali bersama klub dan timnas. Total 227 gol dan 159 assist pun menghiasi kariernya.

 

Gareth Bale adalah salah satu pemain terbaik Wales sepanjang masa. Ia juga layak disebut legenda bagi dua klub, yaitu Tottenham Hotspur dan Real Madrid. Meski sudah pensiun, kehebatan Bale di lapangan hijau pasti akan selalu dikenang!

Baca Juga: 5 Pelatih yang Sering Memainkan Gareth Bale di Klub

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya