Siapa Pengganti Harry Maguire sebagai Kapten Manchester United?

Bruno Fernandes menjadi favorit utama

Erik ten Hag mencopot Harry Maguire dari jabatan kapten Manchester United. Keputusan ini berdasarkan pada penampilan sang bek tengah yang menurun selama 2022/2023. Maguire hanya tampil dalam 16 pertandingan di English Premier League (EPL). Padahal, pada musim sebelumnya, dia mampu mencatatkan 30 penampilan.

Penurunan performa Maguire ini disebabkan kesempatan bermain yang minim. Apalagi dengan hadirnya duet Lisandro Martinez dan Raphael Varane. Mereka tampil solid sehingga menjadi pilihan utama Ten Hag.

Ketika salah satu dari bek tengah di atas absen, Erik ten Hag juga cenderung memilih Victor Lindelof, bahkan Luke Shaw yang biasa bermain sebagai bek kiri, untuk mengisi bek tengah. Situasi ini membuat Maguire mengalami kesulitan. Ten Hag sepertinya ingin memiliki seorang kapten yang bisa bermain secara konsisten pada tiap pertandingan.

Lantas, siapa Pengganti Harry Maguire sebagai kapten Manchester United?

1. Harry Maguire membuka kemungkinan untuk pergi dari Manchester United

Siapa Pengganti Harry Maguire sebagai Kapten Manchester United?Harry Maguire bermain dengan Timnas Inggris. (instagram.com/harrymaguire93)

Harry Maguire bisa saja hengkang pada musim panas 2023. Ini imbas dari pencopotan jabatan kapten Manchester United. Kebetulan Erik ten Hag juga tengah mencoba membersihkan skuad.

Sang pelatih terus melakukan evaluasi terhadap skuad. Ia tidak ragu untuk mengeluarkan pemain yang tidak sesuai dengan skema permainan. Beberapa pemain, seperti David De Gea, Phil Jones, dan Axel Tuanzebe sudah menjadi korban. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan Maguire akan mengikuti langkah mereka.

Di sisi lain, meski mengalami penurunan performa di Manchester United, Maguire tetap bek andalan Timnas Inggris. Pelatih Gareth Southgate mewanti-wanti sang pemain agar mendapatkan waktu bermain teratur untuk mempertahankan posisinya di timnas. Kabarnya, saat ini, West Ham United menunjukkan minat untuk mengontrak Maguire. Akan tetapi, tuntutan gaji bek tengah Inggris ini terlalu tinggi sehingga dapat menjadi penghambat transfer.

Baca Juga: Harry Maguire Berhenti Jadi Kapten MU, Warganet Sarkastis!

2. Bruno Fernandes bisa terpilih sebagai kapten baru Manchester United

Siapa Pengganti Harry Maguire sebagai Kapten Manchester United?Bruno Fernandes berpotensi menjadi kapten Manchester United. (instagram.com/brunofernandes8)

Bruno Fernandes menjadi favorit untuk menggantikan peran Harry Maguire sebagai kapten Manchester United mulai 2023/2024. Hanya wakil kapten sebelumnya, peran pemain Portugal dalam tim sebenarnya terlihat seperti seorang kapten. Kehadirannya yang konsisten di lapangan membuat Setan Merah meraih gelar juara Piala Carabao. Mereka juga tampil di final Piala FA meski tumbang dari Manchester City. Fernandes sendiri berhasil menyumbang 14 gol dan 15 assist di semua kompetisi.

Jika keputusan ini benar terjadi, maka tidak akan mengejutkan banyak pihak, mengingat kontribusi dan kepemimpinan yang ditunjukkan Fernandes sepanjang musim. Meski begitu, kabar terbaru juga menyebutkan jika Casemiro dan Luke Shaw sedang dipertimbangkan untuk mengambil jabatan tersebut. Pertimbangan ini mungkin berdasarkan pada fakta Bruno Fernandes terkadang dapat kehilangan kendali dalam beberapa momen.

Karakter Fernandes yang seperti itu dapat mempengaruhi performa tim secara keseluruhan. Sementara, Casemiro dan Luke Shaw kabarnya menunjukkan ketenangan emosi. Mereka juga memiliki banyak pengalaman.

3. Harry Maguire juga ingin memperjuangkan posisinya di Manchester United

Siapa Pengganti Harry Maguire sebagai Kapten Manchester United?Harry Maguire tengah berlatih di Portugal. (instagram.com/brad_mcclell)

Harry Maguire tampaknya bertekad untuk memperjuangkan posisinya di Manchester United. Ini terlihat dari komitmennya dalam berlatih secara pribadi di Portugal bersama mantan bek berpengalaman, Ricardo Carvalho. Selama 3 pekan terakhir, Maguire telah melalui latihan keras. Ia bahkan menjalani 3 sesi latihan dalam 1 hari. Dalam perjalanan latihannya, ia juga didampingi rekan setimnya di Manchester United, Diogo Dalot, yang kebetulan berasal dari Portugal.

Tekad dan dedikasi yang ditunjukkan Harry Maguire dalam latihan pribadinya berpotensi mengatasi kesulitan yang dialaminya. Ia berniat memperbaiki penampilannya. Hasil dari persiapan dan kerja kerasnya ini akan terlihat saat musim dimulai. Selain itu, masukan dan pengalaman yang diberikan Carvalho dapat memberikan energi tambahan bagi Maguire untuk kembali ke level permainan terbaiknya musim depan.

Baca Juga: Maguire Mau Cabut dari MU Usai Dicopot Jadi Kapten

Puspa Kusuma Photo Writer Puspa Kusuma

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya