Samir Handanovic Resmi Tinggalkan Inter Milan

Samir Handanovic bermain di Inter sebanyak 455 kali

Jakarta, IDN Times - Samir Handanovic resmi berpisah dengan Internazionale Milano (Inter Milan) pada Rabu (12/7/2023). Kiper asal Slovenia tersebut mengakhiri kebersamaan dengan Nerazzurri yang telah dibelanya selama 11 tahun.

Kontrak Handanovic di Inter sejatinya berakhir pada 30 Juni 2023. Namun, manajemen Inter masih berusaha mempertahankannya sambil terus berdiskusi mengenai kontrak baru.

Diskusi soal perpanjangan kontrak tersebut pun akhirnya mandek dan membuat kapten Inter itu justru pergi dari Stadion Giuseppe Meazza.

1. Bermain untuk Inter sebanyak 455 kali

Samir Handanovic Resmi Tinggalkan Inter MilanSamir Handanovic (instagram.com/samirhandanovic)

Inter pun kemudian merilis sebuah video terima kasih untuk mengonfirmasi kepergian Handanovic.

Selama 11 tahun membela panji biru hitam, Handanovic telah bermain di bawah mistar gawang Inter sebanyak 455 kali.

"Sebuah titik referensi, pemimpin di ruang ganti, kapten pemberani. Samir Handanovic telah melakukan semua itu dalam 11 musim menjaga gawang Nerazzurri. Dia bergabung dengan Inter pada 9 Juli 2012 dan sejak menit pertama telah menampilkan kualitas teknik dan karisma luar biasa, menjadikannya salah satu kiper terbaik sepanjang sejarah Inter." tulis Inter, dikutip dari Football Italia, Kamis (13/7/2023).

Baca Juga: Handanovic Dimakan Usia, Ini 5 Calon Kiper Penggantinya di Inter Milan

2. Bersaing dengan Ivan Cordoba dan Javier Zanetti

Samir Handanovic Resmi Tinggalkan Inter MilanSamir Handanovic (sempreinter.com)

Handanovic kemudian ada di peringkat 10 sebagai sosok yang paling banyak bermain untuk Inter.

Posisi tersebut menyamai rekor milik bek sekaligus legenda Inter asal Kolombia, Ivan Ramiro Cordoba.

"166 clean sheets dalam 455 pertandingan yang dia buat jadi bukti (kualitasnya). Terima kasih atas angka luar biasa tersebut, Samir kini menyamai level Ivan Ramiro Cordoba (455) di posisi 10 penampilan terbanyak buat Nerazzurri di semua kompetisi," sebut Inter.

Handanovic juga menjadi pemain asing nomor dua terbanyak yang pernah bermain untuk Inter. Handanovic hanya kalah dari legenda Inter asal Argentina, Javier Zanetti yang sampai saat ini masih menjadi pemain asing nomor satu dengan jumlah partai terbanyak bersama Inter, yakni 615 kali.

"Lebih jauh, Samir memegang rekor penyelamatan penalti terbanyak di kasta liga tertinggi Italia sebanyak 32 kali. Tidak ada satupun di sejarah Serie-A yang mampu menyamai prestasi tersebut secara total," tulis Inter.

3. Prestasi Handanovic bersama Inter

Samir Handanovic Resmi Tinggalkan Inter MilanSamir Handanović (inter.it)

Selama 11 tahun berseragam Inter, Handanovic telah meraih beberapa trofi. Beragam gelar yang kiper berusia 39 tahun itu didapat saat menjabat sebagai kapten di Inter.

"Samir memiliki karier luar biasa. Memenangi Scudetto 2020/2021, Coppa Italia sebanyak dua kali dan dua Piala Super Italia dalam dua kesempatan bersama Inter Milan. Para penggemar Inter dan seluruh keluarga besar Nerazzurri berharap yang terbaik untuk Handanovic. Terima kasih, Samir!" ucap Inter.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 1 Inter Milan Sebelum Handanovic

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya