3 Striker Skandinavia yang Meramaikan Premier League 2023/2024

Bangsa Viking punya keturunan yang hebat di sepakbola

Viking dikenal sebagai pelaut pada akhir abad ke-8 hingga awal abad ke-11. Banyak dari mereka merupakan penjelajah dan pedagang.

Viking sendiri berasal dari negara-negara Skandinavia yang terdiri dari Norwegia, Denmark, dan Swedia. Menariknya, negara-negara tersebut mampu menghasilkan pesepak bola yang gemilang pada tiap eranya.

Peter Schmeichel, yang merupakan kiper legendaris Denmark, salah satu contohnya. Dia dikenal sebagai andalan Timnas Denmark dan Manchester United. Kualitasnya terbukti lewat treble winner bersama Manchester United pada 1998/1999.

Masa Schmeichel tentu sudah lama lewat. Generasi baru kini siap menyambut pencinta sepak bola. Tiga di antaranya berposisi sebagai striker. Mereka akan meramaikan English Premier League (EPL).

Inilah striker Skandinavia yang meramaikan Premier League 2023/2024.

1. Erling Haaland yang fenomenal pada musim debutnya bersama Manchester City

3 Striker Skandinavia yang Meramaikan Premier League 2023/2024Erling Haaland tampil untuk Manchester City di UEFA Champions League (UCL) 2022/2023. (uefa.com)

Erling Haaland menjadi sosok fenomenal pada 2022/2023. Pemain asal Norwegia itu memecahkan rekor gol terbanyak dalam semusim di kasta tertinggi Liga Inggris. Haaland mencetak total 36 gol dari 35 pertandingan. Ia unggul dua gol dari Andy Cole dan Alan Shearer. Mereka sebelumnya memegang rekor tersebut dengan 34 gol.

Bukan hanya di Liga Inggris, Haaland juga menarik perhatian di UEFA Champions League (UCL). Ia sempat mencetak quintrick, 5 gol dalam 1 pertandingan. Haaland mencetak itu saat Manchester City melumat RB Leipzig 7-0.

Sang pemain bahkan menjadi top scorer UCL dengan torehan 12 gol. Berkat ketajamannya, bomber Norwegia itu sukses mempersembahkan treble winner untuk Manchester City. Mereka juara UCL, EPL, dan Piala FA.

Menyambut 2023/2024, Haaland siap kembali bersaing di EPL. Ia sudah menunjukkan ketajamannya dalam pertandingan pramusim. Haaland tinggal melanjutkannya pada musim reguler. 

Baca Juga: Rasmus Hojlund Mirip Erling Haaland, Benar Begitu?

2. Alexander Isak menjadi mesin gol baru Newcastle United

3 Striker Skandinavia yang Meramaikan Premier League 2023/2024Alexander Isak (nufc.co.uk)

Alexander Isak menjadi salah satu pemain tajam di Premier League 2022/2023. Striker asal Swedia itu mencetak 10 gol dan 1 assist dari 22 pertandingan di kasta tertinggi Liga Inggris. Sayangnya, ia sempat cedera. Seandainya tidak cedera, mungkin torehannya bisa lebih dari itu.

Isak sendiri merupakan pilar penting dalam keberhasilan Newcastle United masuk ke zona empat terbaik EPL. Dengan itu, tim berhak melaju ke UCL musim depan. Ini pertama kalinya sejak lama Newcastle lolos ke kompetisi Eropa. Alexander Isak yang menanti kesempatan ini pun siap kembali bersaing di EPL dan UCL. Apalagi dengan kedatangan gelandang kreatif sekelas Sandro Tonali. Isak bisa makin dimanjakan di lini depan.

3. Rasmus Hojlund

3 Striker Skandinavia yang Meramaikan Premier League 2023/2024Rasmus Hojlund (twitter.com/ManUtd)

Berbeda dari nama-nama di atas, Rasmus Hojlund merupakan nama baru di Premier League. Ia bergabung dengan Manchester United usai dibeli dari Atalanta Bergamo dengan harga 72 juta pound sterling atau setara Rp1,39 triliun. Namanya memang naik pada 2022/2023 sehingga menarik perhatian tim sekelas MU.

Hojlund merupakan salah satu andalan Atalanta di sektor penyerangan. Pemain asal Denmark itu mencetak total 9 gol dan 4 assist dari 32 penampilan bersama La Dea di Serie A Italia. Permainan spartan menjadi ciri khas pemain berusia 20 tahun itu. 

Rasmus Hojlund sendiri bukan hanya bersinar di Atalanta, melainkan juga di Timnas Denmark. Sang bomber tampil apik di Kualifikasi UEFA Euro 2024. Ia mencetak 6 gol dari 4 penampilan. Itu dianggap sebagai pemicu utama mengapa Manchester United sangat berminat kepadanya.

Hojlund kini tentu saja menanggung ekspetasi besar dari penggemar. Apalagi striker Manchester United pada 2022/2023 terbilang mengecewakan. Wout Weghorst hanya mencetak 2 gol dan 2 assist, sedangkan Anthony Martial hanya mampu menorehkan 6 gol dan 2 assist.

Mungkinkah Rasmus Hojlund dan dua striker asal Skandinavia di atas bersaing di Premier League? Erling Haaland sudah membuktikan kehebatannya. Alexander Isak juga tidak mengecewakan. Tinggal menunggu Hojlund untuk unjuk gigi.

Baca Juga: Gvardiol Bersyukur Gabung ManCity: Gak Harus Hadapi Haaland

Ridwan Saputra Photo Writer Ridwan Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya