Brasil 1-2 Belgia: Kekuatan Baru Eropa Melaju ke Semifinal

#WorldCup2018 Belgia akan menghadapi Prancis.

Pertandingan perempat final antara Brasil melawan Belgia di Kazan Arena pada Sabtu dini hari (7/7) berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Setan Merah. Tim asuhan Roberto Martinez unggul lebih dulu akibat gol bunuh diri Fernandinho dan digandakan oleh Kevin De Bruyne. Sedangkan gol semata wayang Brasil dicetak oleh Renato Augusto.

1. Belgia Menunjukkan Dominasi Melalui Tiga Pemain

Brasil 1-2 Belgia: Kekuatan Baru Eropa Melaju ke SemifinalFIFA

Brasil tampil cukup menjanjikan di awal babak pertama, salah satunya pada menit tujuh ketika Thiago Silva hampir mencetak gol setelah Brasil mendapatkan sepak pojok. Namun, beberapa peluang Brasil gagal menghasilkan apapun. Justru pada menit 13, sepak pojok Belgia mengenai pundak Fernandinho.

Posisinya sangat dekat dengan Alison Becker yang tak mampu menghadang laju bola. Sementara itu, gol kedua Belgia tercipta berkat kerja sama Romelu Lukaku dan Kevin De Bruyne melalui serangan balik. Tim asuhan Roberto Martinez diuntungkan oleh kecepatan Lukaku dan kemampuan teknis De Bruyne serta Eden Hazard.

2. Brasil memperkecil kedudukan melalui Renato Augusto yang menggantikan Paulinho

Brasil 1-2 Belgia: Kekuatan Baru Eropa Melaju ke SemifinalFIFA

Di babak kedua, Belgia berusaha untuk bertahan lebih baik demi menghindari gol Brasil. Alhasil, mereka kerap kehilangan bola, meski dengan cepat juga merebutnya kembali. Tite melakukan tiga pergantian di babak ini.

Renato Augusto, gelandang Beijing Guoan yang menggantikan Paulinho, berhasil memperkecil ketinggalan dan membangkitkan harapan Brasil. Sayangnya, pertahanan Belgia masih terlalu kokoh untuk ditembus.

3. Belgia akan menghadapi Prancis di semifinal

Brasil 1-2 Belgia: Kekuatan Baru Eropa Melaju ke SemifinalFIFA

Sejak Piala Dunia 2006, Brasil tidak pernah mengalahkan tim Eropa di babak penyisihan. Kekalahan terburuk adalah ketika tunduk melawan Jerman pada Piala Dunia 2014 dengan skor 1-7. Tentu ini menjadi catatan khusus bagi Brasil yang difavoritkan sebagai juara dunia.

Di sisi lain, ini bisa jadi kesempatan terakhir Belgia meraih trofi Piala Dunia bersama skuat yang berisi pemain-pemain bintang. Kemampuan membalikkan keadaan saat lawan Jepang, disusul dengan kemenangan atas Brasil menjadi modal tersendiri bagi Setan Merah untuk menghadapi Prancis di babak semifinal.

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya