Setelah Kartu Kuning dan Merah, Sepak Bola Kini Juga Punya Kartu Hijau

Spesial untuk yang bermain sportif

Sejarah baru dalam dunia sepak bola dicatat oleh liga Serie B Italia. Dilansir dari ESPN FC Asia, pada saat pertandingan antara Virtus Entella dan Vicenza (4/10/2016) wasit mengeluarkan kartu hijau pertama kepada penyerang Vicenza, Cristian Galano.

Kartu hijau diberikan kepada pemain yang menunjukkan sportivitas.

Goal.com melaporkan bahwa di akhir pertandingan Galano menerima kartu hijau karena wasit yang memimpin pertandingan, Marco Maniardi, menilai pemain tersebut sportif. 

Saat Maniardi menghadiahi timnya sebuah sepak pojok, Galano mengaku pada wasit bahwa tidak ada pemain belakang Virtus Entella yang menyentuh bola sehingga semestinya tim lawan memperolah tendangan gawang.

Baca Juga: Real Madrid 3 Kali Gagal Menang Lawan Tim Berseragam Kuning, Apakah Kutukan itu Terbukti?

Penerima kartu hijau terbanyak akan mendapat trofi di akhir musim.

Setelah Kartu Kuning dan Merah, Sepak Bola Kini Juga Punya Kartu Hijaufoxsports.com

Presiden Serie B, Andrea Abodi, menyebutkan kartu-kartu dalam sepak bola merupakan hal simbolik. Namun, dirinya berkeinginan kuat untuk meningkatkan citra baik Divisi II sepak bola Italia tersebut setelah diguncang skandal pengaturan pertandingan di awal musim. Di akhir musim, semua kartu hijau dijumlah dan pemain yang paling banyak mendapat kartu tersebut akan digelari sebuah trofi fair play.

Meski simbolik, tapi bila dijalankan secara serius oleh seluruh pihak, bisa jadi kartu hijau ini akan dianggap sebagai motivasi oleh para pemain untuk bermain lebih sportif. Apalagi bila di kemudian hari liga-liga lain mencontoh Serie B dan menghadiahkan uang kepada penerima kartu hijau terbanyak.

Baca Juga: Leonardo Bonucci Yakin Mario Balotelli Semakin Dewasa untuk Timnas Italia

Topik:

Berita Terkini Lainnya