5 Rekrutan Mahal Chelsea yang Dibeli dari Klub Medioker Premier League

Ada dua pemain yang berposisi sebagai bek kiri

Chelsea adalah salah satu klub terbaik English Premier League (EPL) dalam satu dekade terakhir. Banyak prestasi yang sudah diraih oleh Chelsea, di antaranya enam gelar Premier League dan dua gelar Liga Champions.

Demi mempertahankan kesuksesan, Chelsea tak segan-segan mengeluarkan biaya mahal untuk merekrut pemain yang diinginkan. The Blues tak hanya memburu pemain dari klub-klub besar saja, tetapi juga pemain yang berasal dari klub medioker.

Menilik sejarah, ada banyak rekrutan mahal yang dibeli Chelsea dari klub medioker Premier League. Salah satunya baru dibeli pada bursa transfer musim panas 2022 ini. 

Langsung cek ulasan lengkapnya berikut, yuk!

1. Marc Cucurella

5 Rekrutan Mahal Chelsea yang Dibeli dari Klub Medioker Premier Leaguepotret Marc Cucurella (chelseafc.com)

Marc Cucurella merupakan pemain termahal Chelsea yang direkrut dari klub medioker Premier League. Bek kiri asal Spanyol itu baru saja direkrut pada Agustus 2022. Ia dibeli Chelsea dari Brighton & Hove Albion seharga 65,3 juta euro atau sekitar Rp973 miliar.

Musim 2021/2022 lalu merupakan musim perdana Cucurella di Premier League. Pada musim tersebut, Cucurella mampu tampil mentereng bersama Brighton & Hove Albion. Bersama The Seagulls, ia mampu mencatatkan 38 penampilan dengan torehan 1 gol dan 2 assist di semua kompetisi.

2. Ben Chilwell

5 Rekrutan Mahal Chelsea yang Dibeli dari Klub Medioker Premier Leaguepotret Ben Chilwell (chelseafc.com)

Chelsea membeli Ben Chilwell dari Leicester City pada Agustus 2020. Dana yang dikeluarkan Chelsea untuk menggaet Chilwell sebesar 50,2 juta euro atau saat ini sekitar Rp748 miliar. Chilwell juga beroperasi sebagai bek kiri, sama seperti Marc Cucurella.

Bersama Chelsea, Chilwell sudah mengoleksi 1 gelar Liga Champions, 1 gelar Piala Super Eropa, dan 1 gelar Piala Dunia Antarklub. Pria Inggris itu sudah tampil 57 kali di semua kompetisi. Ia juga sudah menyumbang 7 gol dan 9 assist untuk Chelsea.

Baca Juga: 6 Pesepak Bola Prancis yang Gagal Bersinar Bersama Chelsea

3. Danny Drinkwater

5 Rekrutan Mahal Chelsea yang Dibeli dari Klub Medioker Premier Leaguepotret Danny Drinkwater (chelseafc.com)

Danny Drinkwater merapat ke Chelsea pada Agustus 2017. Gelandang tengah asal Inggris itu juga digaet Chelsea dari Leicester City. The Blues merogoh kocek sebesar 37,9 juta euro atau saat ini sekitar Rp565 miliar untuk mendapatkan Drinkwater dari Leicester City.

Sayangnya, Drinkwater gagal bersinar bersama Chelsea. Ia hanya mencatatkan 23 penampilan dengan torehan satu gol di semua kompetisi. Chelsea lebih sering meminjamkannya ke klub lain, di antaranya Burnley, Aston Villa, Kasimpasa, dan Reading. Kini, Drinkwater berstatus tanpa klub setelah kontraknya bersama Chelsea habis sejak Juli 2022 lalu.

4. Damien Duff

5 Rekrutan Mahal Chelsea yang Dibeli dari Klub Medioker Premier Leaguepotret Damien Duff (chelseafc.com)

Pada Juli 2003, Chelsea merekrut Damien Duff dari Blackburn Rovers. Pria Irlandia itu dibeli dengan biaya sebesar 24,5 juta euro atau saat ini sekitar Rp365 miliar. Beroperasi sebagai gelandang kanan, Duff mampu tampil cemerlang dan berhasil meraih banyak gelar bersama Chelsea.

Tercatat, Duff berhasil membawa Chelsea memenangkan 2 gelar Premier League, 1 gelar Piala Liga, dan 1 gelar Piala Super Liga Inggris. Selama berkiprah bersama Chelsea, Duff sukses mengoleksi 19 gol dan 28 assist dari 125 penampilan di semua kompetisi. Duff sudah gantung sepatu sejak Januari 2016. Klub terakhir yang ia bela adalah Shamrock Rovers.

5. Nicolas Anelka

5 Rekrutan Mahal Chelsea yang Dibeli dari Klub Medioker Premier Leaguepotret Nicholas Anelka (chelseafc.com)

Selanjutnya ada sosok Nicolas Anelka, salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Prancis. Anelka merapat ke Chelsea pada Januari 2008. Saat itu, ia dibeli dari Bolton Wanderers seharga 18 juta euro atau sekitar Rp268 miliar.

Sebelum bersama Chelsea, Anelka sudah malang melintang bersama klub-klub besar Eropa, antara lain Paris Saint-Germain, Arsenal, Real Madrid, Liverpool, hingga Manchester City.

Karier Anelka bersama Chelsea terbilang sukses. Ia berhasil mengantarkan Chelsea meraih 1 gelar Premier League, 2 gelar Piala FA, dan 2 gelar Piala Super Liga Inggris. Ia juga mengoleksi 59 gol dan 38 assist dari 184 penampilan bersama Chelsea di semua kompetisi. Anelka juga sudah gantung sepatu sejak Januari 2016. Mumbai City mejadi klub terakhirnya.

Meski dibeli dengan harga mahal, tak semua rekrutan Chelsea di atas mampu tampil cemerlang. Marc Cucurella sendiri masih menjalani awal musim bersama Chelsea. Mampukah pemain Spanyol itu tampil cemerlang dan meraih trofi musim kompetisi 2022/2023 ini?

Baca Juga: 5 Pemain U-19 Termahal yang Pernah Dibeli Chelsea, Siapa Saja?

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya