3 Catatan Usai Arsenal Menang Lawan City di Community Shield

Arsenal sukses menumbangkan Man City

Jakarta, IDN Times - Arsenal sukses meraih trofi perdana mereka musim ini. Bersua Manchester City dalam laga Community Shield di Wembley, Minggu (6/8/2023), mereka menang atas Man City lewat babak adu penalti dengan skor 4-1.

Laga sendiri berlangsung seru. Man City sejatinya sempat unggul lewat Cole Palmer, tetapi jelang laga tuntas, Leandro Trossard menyamakan kedudukan dan memaksa laga ke adu penalti. Arsenal pun mengakhiri laga dengan kemenangan.

Dari hasil ini, ada beberapa fakta unik yang menyeruak ke permukaan. Berikut adalah fakta-faktanya.

Baca Juga: Daftar Juara Community Shield Sejak Tahun 1908-2023, Terbaru Arsenal

1. Arsenal kembali hentikan tim Manchester yang treble

3 Catatan Usai Arsenal Menang Lawan City di Community ShieldSelebrasi pemain Arsenal saat membobol gawang Wet Ham, Selasa (27/12/2022). (Twitter.com/Arsenal).

Pada 1999, Arsenal bersua Manchester United yang baru saja memenangi treble di laga Community Shield. Bersua MU yang diunggulkan, 'Meriam London' menang dengan skor 2-1 via gol Nwankwo Kanu dan Ray Parlour.

Kini, 2023, Arsenal bersua Manchester City yang juga baru saja memenangi treble di laga Community Shield. Sama seperti 1999, mereka menang lewat adu penalti kali ini. Dua kali, Arsenal sukses membawa tim Manchester kembali ke bumi di Community Shield.

2. Kesuksesan Mikel Arteta sebagai pemain dan manajer

3 Catatan Usai Arsenal Menang Lawan City di Community ShieldMikel Arteta. (skysports.com)

Pada 2014, Mikel Arteta sempat mengangkat trofi Community Shield bersama Arsenal sebagai pemain. Berstatus sebagai kapten, uniknya tim yang saat itu Arsenal mengalahkan adalah Manchester City. Arsenal menang 3-0 kala itu.

Sembilan tahun kemudian, tepatnya pada 2023, Arteta kembai meraih trofi Community Shield. Sedikit berbeda, kali ini dia mendapatkan sebagai manajer Arsenal. Namun tetap, tim yang lagi-lagi sukses dia kalahkan adalah Manchester City.

Baca Juga: 6 Kapten Man City Era Pep Guardiola yang Pindah Klub, Ada Guendogan!

3. Kutukan Mateo Kovacic

3 Catatan Usai Arsenal Menang Lawan City di Community ShieldManchester City memperkenalkan Mateo Kovacic sebagai pemain barunya. (Twitter/@ManCity)

Mateo Kovacic punya kutukan tersendiri saat mentas dalam laga final di Wembley. Sejak final Piala Liga Inggris 2019, hingga final Piala FA 2022, dia tak pernah menang. Semua berakhir dengan kekalahan.

Kutukan itu pun berlanjut dalam laga Community Shield 2023 antara Arsenal dan Man City. Dengan begini, total dari lima final Kovacic di Wembley, semua berakhir dengan kekalahan. Setelah dari Chelsea, kutukan itu berlanjut di City.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya