3 Fakta Unik dari Laga Maroko vs Kanada di Piala Dunia 2022

Maroko sukses memenangi laga

Jakarta, IDN Times - Maroko bersua Kanada dalam laga terakhir fase grup Piala Dunia 2022. Bertempur di Al Thumama Stadium, Kamis (1/12/2022) malam, Hakim Ziyech dan kolega menang dengan skor tipis 2-1.

Berkat hasil ini, Maroko pun memastikan satu tempat di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Tidak cuma itu, Maroko pun lolos dengan status grup, mengungguli tim-tim macam Kroasia dan Belgia.

Khusus di pertemuan Maroko dan Kanada ini, ada beberapa catatan unik yang menyeruak ke permukaan. Apa sajakah itu?

Baca Juga: Babak I Berjalan Ketat, Maroko Ungguli Kanada

1. Maroko samai catatan Nigeria

3 Fakta Unik dari Laga Maroko vs Kanada di Piala Dunia 2022Pemain Maroko, Abdelhamid Sabiri, usai cetak gol ke gawang Belgia (Twitter @FIFAWorldCup)

Pada gelaran Piala Dunia 1994 dan 1998, Nigeria menorehkan catatan apik. Mereka lolos dari fase grup dengan status pemuncak klasemen grup, mengungguli tim-tim lain. Catatan ini pun bertahan lama.

Hingga akhirnya, pada 2022, Maroko menyamai catatan dari Nigeria ini. Sama seperti Nigeria, Maroko kini sudah dua kali lolos ke babak 16 besar Piala Dunia dengan status juara grup. Sebelumnya, Maroko menorehkan catatan serupa pada 1986.

2. Hakim Ziyech yang bangkit

3 Fakta Unik dari Laga Maroko vs Kanada di Piala Dunia 2022Maroko bertemu Kanada di Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/REUTERS/Ibraheem Al Omar)

Perjalanan Hakim Ziyech bersama Maroko bisa dibilang naik turun. Sebelum sosok Walid Regragui datang pada Agustus 2022, Ziyech sempat memutuskan pensiun dari Maroko, lantaran ribut dengan pelatih lama.

Namun, pada akhirnya, Ziyech luluh oleh sosok Regragui yang memintanya kembali ke Timnas. Dia pun masuk skuad Maroko untuk Piala Dunia 2022, dan pada akhirnya, membawa Maroko ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Dari awalnya pesakitan, Ziyech sekarang menjelma jadi salah satu pahlawan di tim Maroko.

3. Terciptanya gol ke-100 di Piala Dunia 2022

3 Fakta Unik dari Laga Maroko vs Kanada di Piala Dunia 2022Maroko bertemu Kanada di Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/REUTERS/Ibraheem Al Omar)

Piala Dunia 2022 sudah memasuki laga terakhir fase grup. Tentu, sudah banyak gol yang tercipta di ajang ini melalui beberapa proses. Nah, di laga Maroko lawan Kanada ini, gol ke-100 di Piala Dunia 2022 tercipta.

Sayangnya, gol ke-100 ini justru merupakan gol bunuh diri dari pemain Maroko, yang akhirnya membawa Kanada memperkecil ketertinggalan. Gol bunuh diri ini juga jadi yang pertama di ajang Piala Dunia 2022.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya