4 Gol yang Jadi Kebiasaan Baru Timnas Jepang

Timnas Jepang begitu tajam

Jakarta, IDN Times - Timnas Jepang mulai memiliki kebiasaan baru dalam laga persahabatan internasional. Kebiasaan ini sudah tampak sejak Juni 2023, tepatnya ketika mereka melawan El Salvador.

Dalam lima laga terakhir laga internasional yang dijalani, Jepang rutin mencetak empat gol. Tidak tanggung-tanggung, korban dari empat gol ini ternyata bukan tim dari Asia.

1. Kanada jadi korban terbaru Jepang

4 Gol yang Jadi Kebiasaan Baru Timnas JepangJepang kalahkan Jerman di Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/REUTERS/Molly Darlington)

Pada Jumat (13/10/2023), Kanada jadi korban terbaru empat gol dari Jepang. Bersua di Denka Big Swan Stadium, skuad asuhan Hajime Moriyasu sukses meraih kemenangan dengan skor 4-1.

Secara penguasaan bola, Jepang memang kalah dari Kanada dengan catatan 41 persen berbanding 59 persen. Namun, dari segi penciptaan peluang, Jepang begitu dominan dengan catatan 19 tembakan berbanding enam tembakan.

Berkat keunggulan peluang ini, Jepang sukses mencetak empat gol via Ao Tanaka (dua gol), Keito Nakamura, dan satu gol bunuh diri Alphonso Davies. Kanada hanya mencetak satu gl via Junior Hoilett.

Baca Juga: Timnas U-17 Telan Kekalahan Ketiga dalam TC di Jerman

2. Mencetak empat gol dalam beberapa laga sebelumnya

4 Gol yang Jadi Kebiasaan Baru Timnas JepangJepang kalahkan Jerman di Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/REUTERS/Annegret HIlse)

Sebelum lawan Kanada, Jepang sudah rutin mencetak empat gol dalam laga internasional. Semua berawal dari kemenangan 6-0 lawan El Salvador pada 15 Juni lalu. Hal itu berlanjut di laga-laga lainnya.

Melawan Peru pada 20 Juni, Jepang juga menang dengan skor 4-1. Begitu juga pada 12 September, Jepang menang dengan skor 4-2 lawan Turki. Yang paling fenomenal, pada 10 September, Jepang menang atas Jerman dengan skor 4-1.

3. Jadi alarm bagi Timnas Indonesia

4 Gol yang Jadi Kebiasaan Baru Timnas JepangJepang lawan Kroasia di Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/Reuters-Lee Smith)

Ciamiknya Jepang ini jadi alarm tersendiri bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, skuad Garuda berada satu grup dengan tim 'Samurai Biru' pada gelaran Piala Asia 2024.

Timnas Jepang tergabung di Grup D bersama Timnas Indonesia, bersama Vietnam dan Irak. Dengan ciamiknya mereka selama beberapa laga internasional terakhir, mereka akan jadi lawan berat bagi Asnawi Mangkualam dan kolega.

Baca Juga: Peringkat FIFA Timnas Indonesia Berpeluang Naik Lagi

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya