Alasan Keluarga Sedang Tren di Liga 1 2023/24, Kok Bisa?

Berhenti karena keluarga sudah lazim

Jakarta, IDN Times - Menggunakan alasan keluarga kini marak di Liga 1 2023/24. Terbaru, sudah ada dua pelatih yang memakai alasan keluarga untuk mengakhiri kerja sama dengan klub tempat mereka bekerja sekarang.

Ada Aidil Sharin Shahak dan Luis Milla, yang baru saja mengakhiri kerja sama dengan klubnya atas alasan keluarga. Namun, alasan keluarga ini nyatanya memang sudah sering digunakan di Liga 1.

1. Aidil ingin urus keluarga di Singapura

Alasan Keluarga Sedang Tren di Liga 1 2023/24, Kok Bisa?Pelatih kepala Kedah Darul Aman FC, Aidil Sharin (kanan), saat memimpin sesi latihan di Stadion Darul Ama Alor Setar, Kamis 4 Agustus 2022. (Instagram.com/kedahdarulamanfc)

Persikabo 1973 resmi kehilangan pelatih saat Liga 1 2023/24 berjalan empat pekan. Pelatih mereka, Aidil Sharin Shahak, mengundurkan diri. Aidil terpaksa meninggalkan Dimas Drajad dan kolega karena masalah keluarga yang menimpanya.

"Coach Aidil mengundurkan diri dari jabatan pelatih karena alasan keluarga. Saat ini, orang tuanya sedang menjalani perawatan intensif di salah satu rumah sakit di Singapura," begitu pernyataan resmi Persikabo.

Karena itu, Aidil memilih untuk pulang kampung. Juru taktik 46 tahun itu tak ingin membuat Persikabo mengalami tren negatif karena fokusnya tertanggu.

"Beliau menyampaikan tidak ingin hilang fokus, dan sebagai anak lelaki tentunya harus bisa merawat orang tua saat sakit. Itu alasan yang disampaikan," lanjut keterangan resmi Persikabo.

Baca Juga: Aidil Shahrin Mundur dari Persikabo 1973

2. Luis Milla juga mundur dari Persib karena keluarga

Alasan Keluarga Sedang Tren di Liga 1 2023/24, Kok Bisa?Luis Milla, pelatih baru Persib Bandung. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Sebelum Aidil, sudah ada Luis Milla yang juga memutuskan mundur dari Liga 1 2023/24. Pelatih asal Spanyol itu memutuskan mundur dari kursi juru taktik Persib Bandung setelah melewati tiga laga pertama musim ini dengan hasil imbang.

Kepergian Luis Milla diungkapkan langsung Persib melalui laman resminya pada Sabtu (15/7/2023). Klub berjuluk Maung Bandung itu pun mengungkapkan alasan kenapa Milla berhenti menjalankan tugasnya.

"Faktor persoalan pribadi menjadi alasan di balik pengambilan keputusan pelatih berusia 57 tahun tersebut. Untuk bisa menyelesaikan persoalan itu, Luis Milla harus kembali ke Spanyol dan mencurahkan segenap perhatian dan konsentrasinya," tulis pernyataan resmi Persib di laman resminya.

3. Sempat ada juga yang menggunakan alasan keluarga

Alasan Keluarga Sedang Tren di Liga 1 2023/24, Kok Bisa?IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Sebelumnya, sempat ada juga beberapa figur yang menggunakan alasan keluarga untuk cabut dari Liga 1. Pada Januari 2023, bek Persik Kediri, Arthur Felix Silva, hengkang dari Persik dan mudik ke Brasil karena alasan keluarga.

Jelang musim 2023/24 dimulai, Irfan Bachdim hengkang dari Persis Solo juga dengan alasan keluarga. Agaknya, memang alasan ini jadi favorit tersendiri ketika sebuah kerja sama harus terhenti di kompetisi Liga 1.

Baca Juga: Liga 2 2023/24 Bakal Bergulir September, Ada Pemain Asing

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya