Anomali Rekor Gol Cristiano Ronaldo buat Timnas Portugal

Ada cela di rekor gol Cristiano Ronaldo untuk Portugal

Jakarta, IDN Times - Cristiano Ronaldo mengukir rekor lagi, selepas mengantarkan Portugal menang atas Republik Irlandia pada laga Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (2/9/2021) dini hari. Dia resmi melewati torehan Ali Daei, eks penggawa Timnas Iran.

Meski sempat dihiasi baku pukul di laga lawan Irlandia tersebut, apa yang ditorehkan Ronaldo ini tetaplah ciamik. Dua golnya di laga lawan Irlandia membuatnya resmi mengemas 111 gol di ajang internasional, unggul dua gol dari torehan Ali Daei.

Kendati begitu, ada sedikit anomali dalam rekor gol Ronaldo. Ia seolah tidak berkutik ketika menghadapi tim-tim besar.

1. Catatan gol Ronaldo didominasi gawang negara-negara kecil

Anomali Rekor Gol Cristiano Ronaldo buat Timnas PortugalCristiano Ronaldo (Instagram.com/cristiano)

ESPN FC mencatat, Ronaldo sudah menghadapi 68 negara berbeda dalam laga internasional. Sejauh ini, dia sudah mencetak gol ke gawang 45 negara berbeda. Uniknya, dari catatan ini, Ronaldo justru banyak mencetak gol ke gawang tim-tim kecil.

Mungkin, hanya Swedia dan Belanda saja selaku negara besar yang gawangnya rutin dibobol Ronaldo. Pemain yang kini balik ke Manchester United tersebut sejauh ini mencetak tujuh gol ke gawang Swedia, dan empat gol ke gawang Belanda.

Sisanya, hanya negara-negara kecil macam Lithuana, Andorra, Hungaria, Luksemburg, Armena, Latvia, Estonia, dan Kepulauan Faroe adalah negara yang rajin dibobol oleh Ronaldo. Negara-negara ini tidak punya sejarah panjang di kancah sepak bola dunia.

Baca Juga: Nomor 7 Manchester United Kembali ke Cristiano Ronaldo

2. Ronaldo kesulitan membobol gawang negara besar

Anomali Rekor Gol Cristiano Ronaldo buat Timnas PortugalCristiano Ronaldo (Instagram.com/cristiano)

ESPN FC juga mencatat, Ronaldo justru kesulitan ketika menghadapi tim-tim besar, atau negara-negara yang punya tradisi kuat di kancah sepak bola dunia. Menghadapi Inggris tiga kali, Ronaldo kesulitan membobol gawang tim 'Tiga Singa' tersebut.

Hal yang sama juga terjadi ketika Ronaldo bersua Italia, Brasil, Meksiko, dan Amerika Serikat. Dua pertemuan Portugal lawan Italia, plus satu pertemuan masing-masing dengan Brasil, Meksiko dan Amerika Serikat, berakhir nirgol buat Ronaldo.

3. Jadi cela di rekor gol Ronaldo buat Portugal

Anomali Rekor Gol Cristiano Ronaldo buat Timnas PortugalKarim Benzema dan Cristiano Ronaldo di Piala Eropa 2020 (Instagram.com/euro2020)

Selain torehan 111 gol, Ronaldo juga banyak mencetak rekor pribadi yang berkaitan dengan gol. Dia menjadi pencetak gol terbanyak di ajang Piala Eropa dengan catatan 14 gol. Dia menjadi pencetak gol terbanyak di putaran final Piala Eropa dan Piala Dunia, dengan torehan 21 gol.

Namun, kesulitan Cristiano Ronaldo membobol gawang tim-tim besar di laga internasional menjadi sedikit cela. Hal ini menunjukkan, Ronaldo tidak berkutik kala menghadapi negara dengan tradisi sepak bola yang kuat.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi: Pulang Hingga Hilang

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya