Argentina Terancam, Pelatih Belanda Sudah Tau Kelemahan Lionel Messi

Messi masih bisa hadirkan ancaman bagi Belanda

Jakarta, IDN Times - Pelatih Belanda, Louis van Gaal, mengklaim sudah mengantongi kelemahan dari bintang Argentina, Lionel Messi. Hal inilah yang kelak akan dia eksploitasi dalam pertemuan di perempat final nanti.

Belanda dijadwalkan bersua Argentina dalam babak perempat final Piala Dunia 2022, Sabtu (10/12/2022) dini hari. Pertemuan ini akan mengulangi lagi laga-laga legendaris yang acap tercipta di antara keduanya.

Nah, jelang laga nanti, Van Gaal rupanya sudah melakukan analisis tersendiri soal kekuatan tim Tango. Dari situlah, dia menemukan titik lemah dari seorang Messi.

1. Messi tidak berpartisipasi dalam bertahan

Argentina Terancam, Pelatih Belanda Sudah Tau Kelemahan Lionel MessiKapten Argentina, Lionel Messi, rayakan gol ke gawang Meksiko di Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Van Gaal melihat, ada satu kebiasaan yang kerap dilakukan Messi ketika bermain. Jika timnya kehilangan bola, dia jarang berpartisipasi dalam bertahan. Nah, dari situlah tercipta ruang, dan ruang inilah yang akan dimanfaatkan Belanda.

"Ketika Argentina kehilangan bola, dan lawan menguasai bola, dia (Messi) kadang tidak ikut membantu pertahanan. Nah, hal ini memberikan kami kesempatan untuk mengeksploitasi pertahanan mereka," ujar Van Gaal, dilansir Sport Bible.

Baca Juga: Rekor-Rekor yang Masih Bisa Diukir Lionel Messi di Piala Dunia 2022

2. Van Gaal tetap akui kualitas Messi

Argentina Terancam, Pelatih Belanda Sudah Tau Kelemahan Lionel MessiKapten Argentina, Lionel Messi, di laga melawan Meksiko (Twitter @Argentina)

Meski sudah mengantongi kelemahan Messi, Van Gaal tetap menyebut penggawa Paris Saint-Germain (PSG) itu sebagai sosok yang berkualitas. Betapa tidak, Messi jadi salah satu kunci permainan Argentina di ajang ini.

"Lionel Messi, harus diakui, adalah pemain yang paling berbahaya di Argentina. Dia juga kreatif. Dia bisa menciptakan peluang, baik itu untuk dirinya sendiri ataupun untuk orang lain," ujar Van Gaal.

3. Peran penting Messi di Piala Dunia 2022

Argentina Terancam, Pelatih Belanda Sudah Tau Kelemahan Lionel MessiKapten Argentina, Lionel Messi, di laga melawan Meksiko dalam Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup_es)

Messi memang memiliki peran besar di skuad Argentina dalam gelaran Piala Dunia 2022. Dia jadi pencetak gol terbanyak Argentina sejauh ini, dengan torehan tiga gol dan satu assist.

Tidak cuma itu, Lionel Messi juga jadi penoreh rataan tembakan (4,8 kali per laga) dan umpan kunci (3,3 kali per laga) tertinggi di Argentina saat ini. Alhasil, Belanda harus menaruh perhatian lebih pada eks penggawa Barcelona ini.

Baca Juga: Lionel Messi Samai Rekor Gol Diego Maradona di Piala Dunia 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya