Bekuk Milan, Barcelona Sempurnakan Diri di Pramusim

Barcelona menang atas Milan

Jakarta, IDN Times - Barcelona melanjutkan tren apik mereka di pramusim 2023/24. Bersua AC Milan di Allegiant Stadium, Rabu (2/8/2023) pagi WIB, skuad asuhan Xavi Hernandez itu menang dengan skor 1-0 lewat gol tunggal Ansu Fati.

Kemenangan ini jadi kemenangan kedua bagi Barcelona di laga pramusim, usai hasil apik lawan Real Madrid pada 29 Juli 2023 lalu. Namun, lebih dari itu, hasil positif ini mencerminkan bahwa Barcelona terus menyempurnakan diri.

1. Barcelona tetap dominan dalam penguasaan bola

Bekuk Milan, Barcelona Sempurnakan Diri di PramusimSelebrasi penggawa Barcelona usai membobol gawang Real Madrid, Senin (20/3/2023). (Twitter/@FCBarcelona).

Di laga lawan Real Madrid, Barcelona jadi tim yang pasif namun efektif. Mereka menguasai bola sebesar 47 persen, kalah dari Madrid yang menorehkan 53 persen, serta mencatatkan 12 tembakan, kalah dari Madrid yang menorehkan 29 tembakan.

Di laga lawan Milan, Barcelona kembali jadi tim yang dominan. Mereka menguasai bola sebanyak 62 persen, unggul dari Milan yang menorehkan 38 persen, serta menorehkan tembakan sebanyak 18 kali, unggul dari Milan yang menorehkan 10 tembakan.

Dua tipe permainan yang berbeda ini mencerminkan fleksibilitas Barcelona. Mereka bisa mengambil inisiasi, tetapi di laga lain mereka juga bisa main efektif.

Baca Juga: Wahai Barcelona, Jual Ousmane Dembele ke PSG Gak Rugi-rugi Amat Kok

2. Ada atau tidak ada Dembele, tak ada pengaruhnya

Bekuk Milan, Barcelona Sempurnakan Diri di PramusimBarcelona lawan Real Madrid di pramusim. (ANTARA FOTO/Kevin Jairaj-USA TODAY Sports via Reuters)

Pengaruh besar yang Ousmane Dembele berikan di laga lawan Madrid, membuat ketakutan sempat menghampiri Barcelona, saat sang pemain diisukan merapat ke Paris Saint-Germain (PSG). Akan tetapi, ketakutan itu tak terjadi di laga lawan Milan.

Kendati Dembele tidak main, lini serang Barcelona tetap menggigit di laga ini. Kombinasi Ferran Torres, Abde Ezzalzouli, dan Raphinha hidup, pun ketika Robert Lewandowski dan Ansu Fati masuk. Mereka tetap bisa memberikan tekanan bagi Milan.

3. Barcelona memiliki sisa satu laga pramusim lagi

Bekuk Milan, Barcelona Sempurnakan Diri di PramusimBarcelona lawan Real Madrid di pramusim. (ANTARA FOTO/Kevin Jairaj-USA TODAY Sports via Reuters)

Usai bersua Milan, Barcelona memiliki sisa satu laga pramusim lagi. Pada 8 Agustus 2023 mendatang, mereka dijadwalkan bersua Tottenham Hotspur dalam ajang Joan Gamper Trophy.

Di laga tersebut, Barcelona masih memiliki kesempatan menyempurnakan diri. Akan tetapi, dalam dua laga terakhir, tercermin bahwa Blaugrana sedang bergerak menuju kesempurnaan untuk musim 2023/24 kelak.

Baca Juga: Barcelona Akan Lebih Baik Tanpa Ousmane Dembele

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya