Bekuk Turkmenistan, Indonesia Tembus Peringkat 147 FIFA

Timnas Indonesia lepas dari peringkat 150

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia kembali meraih hasil apik dalam laga FIFA Matchday, Jumat (8/9/2023). Bersua Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo, skuad Garuda menang dengan skor 2-0 via gol Dendy Sulistyawan dan Egy Maulana Vikri.

Buntut dari kemenangan ini, posisi Indonesia di peringkat FIFA pun naik. Jika sebelumnya mereka bertengger di posisi 150, sekarang Indonesia naik ke peringkat 147 FIFA. Akhirnya, Indonesia bisa merangkak dari posisi 150.

Baca Juga: Timnas Indonesia Buka Peluang Lawan Jerman di FIFA Matchday

1. Jadi catatan terbaik bagi Indonesia

Bekuk Turkmenistan, Indonesia Tembus Peringkat 147 FIFATimnas Indonesia lawan Turkmenistan. (Dok. PSSI)

Keberhasilan menembus rangking 147 menjadi catatan peringkat FIFA terbaik Indonesia dalam 11 tahun terakhir. Sebagai catatan, sejak 2012 peringkat FIFA terbaik Indonesia hanya di kisaran peringkat 150-an.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersyukur atas progres positif peringkat FIFA Timnas Indonesia. Erick berharap tren, kemenangan sepak bola Indonesia bisa berlanjut demi target besar menembus jajaran 100 besar dunia.

"Alhamdulillah kita meraih kemenangan di FIFA Matchday, artinya peringkat kita naik di ranking FIFA. Tren kemenangan ini mesti dijaga. Kita punya target 100 besar dalam jangka pendek dan pada 2045 kita membidik ranking 45," ujar Erick, Sabtu (9/9/2023).

2. Erick puji performa Timnas Indonesia lawan Turkmenistan

Bekuk Turkmenistan, Indonesia Tembus Peringkat 147 FIFATimnas Indonesia lawan Turkmenistan. (Dok. PSSI)

Erick pun memuji performa Timnas yang mampu fokus dalam menjaga target meraih poin, demi menaikkan peringkat FIFA saat menghadapi Turkmenistan. Sebab, tim lawan punya peringkat yang lebih baik yakni peringkat 138 FIFA.

"Terus terang pertandingan yang tidak mudah. Bisa jaga keunggulan hampir 90 menit, bahkan cetak gol tambahan saat injury time, dengan lawan yang secara peringkat ada di atas kita, saya harus apresiasi," ujar Erick.

3. Timnas Indonesia memang apik dalam lima laga internasional terakhir

Bekuk Turkmenistan, Indonesia Tembus Peringkat 147 FIFATimnas Indonesia lawan Turkmenistan. (Dok. PSSI)

Dalam lima laga internasional terakhir, Timnas Indonesia memang bisa dibilang apik. Mereka hanya kalah sekali, yakni ketika berhadapan dengan Argentina pada 19 Juni 2023 lalu.

Sisanya, Timnas Indonesia menang dua kali lawan Burundi dan Turkmenistan. Mereka juga sukses main imbang dua kali saat laga kedua lawan Burundi, serta lawan Palestina. Semuanya berlangsung dalam FIFA Matchday.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya