Doa Shin Tae Yong: Timnas U-20 Gabung Grup Enteng di Piala Dunia

Timnas U-20 berpotensi hadapi lawan berat

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae Yong, berharap dalam undian Piala Dunia U-20 2023 nanti, anak-anak asuhnya mendapat keberuntungan. Shin berdoa agar Indonesia gabung ke grup yang enteng.

"Jujur, saya maunya lawan yang lebih gampang pastinya. Namun, memang pada akhirnya belum tentu seperti itu," ujar Shin di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (20/3/2023).

1. Pengalaman di Piala Dunia akan menolong Shin

Doa Shin Tae Yong: Timnas U-20 Gabung Grup Enteng di Piala DuniaPelatih Timnas U-19, Shin Tae Yong. (pssi.org)

Shin menyatakan pengalamannya menangani beberapa tim di Piala Dunia, baik itu level U-20 dan senior, akan menjadi senjata tersendiri bagi Timnas U-20. Akan tetapi, dia tetap berharap dukungan dari masyarakat.

"Saya sudah ada pengalaman di Piala Dunia U-20 2017, dan ada pengalaman Piala Dunia 2018 di Rusia. Namun, kami tetap mohon doa dari masyarakat agar mendapatkan lawan yang mudah," ujar Shin.

Baca Juga: Naturalisasi 3 Pemain Timnas Indonesia U-20 Disetujui DPR!

2. Disinyalir tak akan bertemu tim kuat

Doa Shin Tae Yong: Timnas U-20 Gabung Grup Enteng di Piala DuniaTimnas U-20 lawan Uzbekistan. (Dok. PSSI)

Keinginan dari Shin diamini oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. Timnas U-20 diprediksi akan berada di pot 1 undian Piala Dunia U-20 2023. Dengan begitu, Garuda Nusantara bakal terhindar dari lawan-lawan sulit.

"Ya undian kan tidak bisa direkayasa. Tapi, siapa pun bakal kami hadapi. Namun, yang jelas ada di luar pot 1, yakni di pot 2, 3, dan 4. Prancis tidak akan melawan kita, jadi satu lewat dulu, Prancis," ujar Indra.

3. Bisa saja jumpa Brasil atau Inggris

Doa Shin Tae Yong: Timnas U-20 Gabung Grup Enteng di Piala DuniaDuel Timnas Indonesia U-20 versus Irak dalam laga pembuka Piala Asia U-20 di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Rabu (1/3/2023) (Dokumentasi PSSI)

Drawing grup Piala Dunia U-20 2023 sendiri akan berlangsung pada 31 Maret 2023 di Bali. Merunut pot yang sudah beredar, Timnas U-20 Indonesia berada di pot 1 bersama Prancis, Senegal, Italia, Uruguay, dan Amerika Serikat.

Dengan begitu, Timnas U-20 berpotensi bersua lawan-lawan di pot 2, 3, dan 4, seperti Brasil, Inggris, Korea Selatan, Uzbekistan, hingga Kolombia. Bahkan, Hokky Caraka dan kolega juga bersua Israel di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga: Shin Tae Yong Rombak Timnas U-20 Usai Piala Asia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya