Emas Sepak Bola Sempurnakan Indonesia di SEA Games 2023

Cabor beregu Indonesia ciamik di SEA Games 2023

Jakarta, IDN Times - Tim Indonesia menutup perjuangan di SEA Games 2023 dengan manis. Timnas U-22 menutaskan dahaga emas 32 tahun usai menang 5-2 atas Thailand dalam final di National Olympic Stadium, Selasa (16/5/2023) malam.

Keping emas yang dipersembahkan sepak bola sekaligus menyempurnakan raihan Indonesia di SEA Games 2023. Saat ini, kontingen Merah Putih berada di peringkat tiga dengan 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

Baca Juga: Timnas U-22 Sabet Emas SEA Games 2023 Usai Sikat Thailand

1. Kado penutup yang indah di SEA Games 2023

Emas Sepak Bola Sempurnakan Indonesia di SEA Games 2023Timnas U-22 raih emas SEA Games 2023. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari, berkata bahwa emas dari cabang olahraga (cabor) sepak bola ini jadi kado penutup yang indah bagi Indonesia. Dia pun bangga, Timnas U-22 menjawab cibiran dari warganet.

“Saya bangga atas capaian atlet-atlet sepak bola Tim Indonesia. Kalian luar biasa. Kalian membuktikan mampu menjawab bully-an yang netizen dengan prestasi emas," kata Okto dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Timnas U-22 Akhirnya Lepas dari Bayang-bayang Thailand di SEA Games

2. Melebihi permintaan Presiden

Emas Sepak Bola Sempurnakan Indonesia di SEA Games 2023CdM Indonesia untuk SEA Games 2023, Lexyndo Hakim. (Dok, NOC Indonesia)

Okto juga berujar, raihan 87 emas di SEA Games 2023 ini juga melebihi apa yang ditargetkan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo. Dia berkelakar, 87 ini sesuai dengan namanya, yaitu Sapta dan Okto.

“Alhamdulillah capaian medali kita memenuhi harapan Presiden Joko Widodo, dengan membawa pulang lebih dari 69 medali emas. Kita mendapat 87 emas, sama seperti Okto (delapan) dan Sapta (tujuh),” kata Okto.

Baca Juga: Kamboja Jadi Tempat yang Indah bagi Indra Sjafri

3. Indonesia kerap ukir sejarah di SEA Games

Emas Sepak Bola Sempurnakan Indonesia di SEA Games 2023Hoki Indoor Putra dan Putri Indonesia sukses meraih kemenangan pada pertandingan perdana di SEA Games 2023 Kamboja. (dok. IDN Times/Istimewa)

Di SEA Games 2023 ini, cabor beregu Indonesia memang tampil ciamik. Selain sepak bola, hoki indoor, kriket, dan basket putri juga mengukir sejarah besar dengan menyumbangkan medali emas bagi Merah Putih.

Hoki indoor mendobrak dominasi Malaysia yang telah merajai SEA Games. Begitu juga kriket yang mendapat emas dalam format super sixes. Sedangkan sejarah juga terciptakan oleh basket putri yang untuk kali pertama meraih emas.

Cabor beregu Indonesia memang acap mengejutkan dalam tiga edisi SEA Games terakhir. Di Filipina, polo air merobohkan dominasi Singapura. Sementara di Vietnam tahun lalu, basket putra mengalahkan Filipina yang mendominasi basket.

Sekarang, di SEA Games 2023, giliran sepak bola yang juga mengejutkan. Setelah 32 tahun lamanya, Indonesia akhirnya bisa meraih emas lagi dari cabor ini.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya