Erick Thohir Sedih, Kondisi Rumput SUGBK Memprihatinkan

SUGBK sudah digunakan berlebihan

Jakarta, IDN Times - Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 (LOC), Erick Thohir, menutup tur kunjungan enam venue Piala Dunia U-20 2023 dengan mendatangi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (13/3/2023) siang.

Dalam kesempatan itu, secara khusus Erick meminta kepada Direktur PPK GBK agar disiplin dalam menjaga proses persiapan, terutama kondisi lapangan karena rumput di stadion utama GBK yang memprihatinkan.

"Khusus di Stadion Utama GBK, saya sudah bicara dengan Direktur PPK GBK apapun yang sudah dijalankan selama ini harus kita pertahankan. Perbaikan rumput harus segera dijalankan karena kondisi yang kritikal dan memprihatinkan," tegas Erick.

Baca Juga: Erick Thohir: SUGBK Lockdown Hingga Piala Dunia U-20

1. SUGBK tak boleh lagi menggelar event apa pun

Erick Thohir Sedih, Kondisi Rumput SUGBK MemprihatinkanPotret Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (IDN Times/Tino).

Erick menegaskan saat ini pemerintah daerah yang sudah membuat kesepakatan dengan FIFA harus fokus mempersiapkan event, termasuk lebih disiplin sepanjamg praevent. Dia mewanti-wanti supaya tidak boleh lagi ada kegiatan di SUGBK.

"Tidak ada lagi event di sini (SUGBK), entah olahraga, kesenian, tidak ada lagi karena ini sudah menjadi titik kritis dan rumputnya memprihatinkan. Kita tidak mau dipermalukan dalam penyelenggaraan event dunia," tutur Erick.

Alhasil, ke depannya SUGBK akan benar-benar steril dari berbagai event. Terdekat, PSSI tidak akan memakai SUGBK sebagai venue dua uji coba internasional di FIFA Matchday Timnas Indonesia, pada 25 dan 28 Maret 2023, kontra Burundi.

"Semua event kami batalkan, dan tidak membeda-bedakan, apakah hiburan, olahraga, dan lainnya. Semua tidak dimungkinkan lagi digelar di Gelora Bung Karno," kata Erick.

2. Beberapa perbaikan yang sudah dilakukan di GBK

Erick Thohir Sedih, Kondisi Rumput SUGBK MemprihatinkanStadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Soal renovasi, FIFA meminta pengelola SUGBK meniadakan pagar pembatas antara bangku penonton terdepan dengan lapangan pertandingan, mencontoh stadion-stadion berstandar FIFA di Eropa.

FIFA dan pengelola stadion setempat memperbaiki beberapa posisi tempat duduk penonton agar bisa melihat pertandingan dengan lebih jelas.

Sedangkan, untuk ruang pusat media, PPK GBK akan menambahkan kecepatan sambungan internet. Di area ini juga dipersiapkan dua lapangan latihan (A dan B), di mana keduanya sudah berstandar internasional dan mudah diakses tim-tim yang bertanding di Piala Dunia U-20 2023.

3. SUGBK sempat dipakai dua konser

Erick Thohir Sedih, Kondisi Rumput SUGBK MemprihatinkanTribun penonton GBK (kompas.com)

Dalam proses pengerjaan renovasi SUGBK, stadion tersebut dipakai buat aktivitas konser. Penyanyi kondang Tanah Air, Raisa sempat menggelar konser di sana, disusul girl band asal Korea Selatan, BLACKPINK akhir pekan lalu.

Setelah FIFA melakukan verifikasi akhir pada 21-27 Maret, SUGBK sempat rencananya akan dipakai duel Liga 1 yang mempertemukan Persija Jakarta versus Persib Bandung pada 31 Maret. Tapi Erick minta dibatalkan.

Sebelum mendatangi SUGBK di Jakarta, Erick Thohir dan tim PSSI sempat mengunjungi beberapa venue Piala Dunia U-20 2023. Ada Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Baca Juga: Daftar 24 Kontestan Piala Dunia U-20 2023 Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya