FIFA: Indonesia Berpotensi Jadi Pusat Sepak Bola Asia dan Dunia

FIFA menilai Indonesia punya kapasitas dan gairah besar

Jakarta, IDN Times - Hubungan FIFA dan Indonesia agaknya makin mesra saja. Terbaru, jelang pembukaan Piala Dunia U-17 2023, otoritas sepak bola dunia itu resmi membuka kantor baru di Jakarta, tepatnya di Menara Mandiri.

Peresmian kantor baru FIFA ini dihadiri langsung Presiden Joko 'Jokowi' Widodo dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Seiring dengan hadirnya kantor baru FIFA ini, Presiden FIFA Gianni Infantino menyadari pentingnya peran Indonesia dalam percaturan sepak bola dunia.

1. Indonesia bisa jadi pusat sepak bola Asia dan dunia

FIFA: Indonesia Berpotensi Jadi Pusat Sepak Bola Asia dan DuniaPresiden FIFA, Gianni Infantino menerima tanda bintang jasa dari Presiden Jokowi (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Infantino berkata, Indonesia merupakan salah satu negara sepak bola terkemuka. Dia berkata, Indonesia berpotensi menjadi pusat sepak bola Asia dan dunia. Indonesia bisa turut serta dalam menentukan masa depan sepak bola dunia.

"Untuk mengembangkan sepak bola dunia, kami pastikan Indonesia ikut serta. Masa depan olahraga ini ada di salah satu negara sepak bola terkemuka (Indonesia). Tidak hanya di Asia Tenggara, tapi di Asia dan dunia," kata Infantino di Istana Negara, Jumat (10/11/2023).

Baca Juga: Alasan Jokowi Beri Tanda Bintang Jasa ke Presiden FIFA

2. Indonesia punya kapasitas dan gairah

FIFA: Indonesia Berpotensi Jadi Pusat Sepak Bola Asia dan DuniaTimnas Indonesia lawan Brunei Darussalam di GBK. (dok. PSSI)

Infantino juga berkata, Indonesia punya kapasitas dan gairah untuk mengembangkan sepak bola, baik secara domestik maupun global. Untuk mencapai itu, FIFA bakal memberikan bantuan dan bekerja sama dengan Indonesia.

"Indonesia punya kapasitas dan gairah soal sepak bola. Menjadi tugas dan tanggung jawab kami (FIFA) untuk bekerja sama, dengan pemerintah bersama dengan federasi (PSSI) untuk membuat sepak bola berkembang," ujar Infantino.

3. Jokowi siap fasilitasi FIFA

FIFA: Indonesia Berpotensi Jadi Pusat Sepak Bola Asia dan DuniaPresiden FIFA Gianni Infantino akan terima tanda jasa dari Presiden Jokowi di Istana Presiden (IDN Times/M Ilman Nafi'an)

Senada dengan potensi dan juga janji FIFA, Jokowi siap membantu FIFA meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia di panggung internasional. Pemerintah Indonesia bakal bersinergi dengan FIFA untuk mewujudkan hal tersebut.

"Kami berkomitmen memberi dukungan dan memfasilitasi FIFA untuk meningkatkan integritas dan kualitas sepak bola Indonesia. Kami siap bekerja sama dalam mengembangkan infrastruktur yang memadai, melatih, mendidik serta mengembangkan bakat-bakat muda sepak bola Indonesia," kata Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Kantor FIFA di Jakarta

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya