FIFA Sepakat Pakai 4 Stadion untuk Piala Dunia U-17 2023

Hasil rapat antara PSSI dan FIFA

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI Erick Thohir berkata, FIFA sudah sepakat untuk memakai empat venue di Piala Dunia U-17 2023. Hal itu berdasarkan hasil rapat antara federasi dengan otoritas sepak bola dunia itu.

Namun, Erick juga menyebut, pengumuman resmi baru akan diberitakan FIFA nantinya. Waktu terus bergerak, apalagi hanya tersisa 94 hari lagi menuju sepak mula Piala Dunia U-17 2023.

"Tinggal 94 hari lagi menuju Piala Dunia U-17 dan tentu dana yang harus digelontorkan harus seefisien mungkin. Karena itu, dari delapan stadion, hasil rapat dengan FIFA, kita sepakat pakai empat stadion," ujar Erick di Indonesia Arena, Senin (7/8/2023).

1. Alasan pemakaian empat stadion

FIFA Sepakat Pakai 4 Stadion untuk Piala Dunia U-17 2023Cak Lontong bersama Ketum PSSI, Erick Thohir. (Dok. PSSI)

Erick berkata, ada alasan kenapa PSSI hanya memakai empat stadion untuk Piala Dunia U-17 2023. Selain alasan logistik, alasan perpindahan pemain dan tim juga jadi pertimbangan tersendiri dari federasi.

"Kenapa empat stadion? Karena kita memikirkan logistik juga, terbang ke sana dan ke sini itu kan harus diperhitungkan juga. Karena itu, ada kesepakatan dengan FIFA, tapi yang mengumumkan nanti FIFA ya," ujar Erick.

Baca Juga: Stadion Manahan Jadi Venue Piala Dunia U-17 dan Piala AFF U-23

2. PSSI akan bertemu Kemen PUPR dan Kemenpora

FIFA Sepakat Pakai 4 Stadion untuk Piala Dunia U-17 2023Penjabat (PJ) Heru Budi Hartono bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri BUMN Erick Thohir usai mengecek kondisi Jakarta International Stadium (JIS), Selasa (4/7/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Erick berujar, untuk menindaklanjuti hasil rapat dengan FIFA ini, PSSI akan bertemu Kemenpora dan Kemen PUPR pada Rabu, 9 Agustus 2023. Pertemuan ini akan membahas soal kunjungan FIFA ke Indonesia pada 26 Agustus 2023.

"Dari kesepakatan itu, Pak Bas (Basuki, Menteri PUPR) akan mengundang rapat lagi hari Rabu (9/8/2023). Pak Bas mengundang saya, pak Menpora, dan beberapa gubernur untuk mempersiapkan kunjungan FIFA tanggal 26 Agustus," ujar Erick.

3. FIFA sudah sempat berkunjung ke Indonesia

FIFA Sepakat Pakai 4 Stadion untuk Piala Dunia U-17 2023ANTARA FOTO/Maulana Surya

Akhir Juli lalu, FIFA telah datang ke Indonesia dan menginspeksi empat stadion calon venue Piala Dunia U-17 2023. Keempat stadion itu adalah Jakarta International Stadium (JIS), Si Jalak Harupat, Manahan, Gelora Bung Tomo, dan Manahan.

Namun, ternyata inspeksi ini hanya jadi jalan awal. Pada 26 Agustus 2023 nanti, FIFA akan kembali ke Indonesia. Di momen itulah, otoritas sepak bola dunia itu akan menentukan venue-venue untuk Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga: Stadion Manahan Jadi Venue Piala Dunia U-17 dan Piala AFF U-23

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya