Frank Wormuth Bakal Bekerja di Timnas U-17 dari Balik Layar

Wormuth tak akan overlap Bima Sakti

Jakarta, IDN Times - Frank Wormuth langsung bergerak usai ditunjuk oleh PSSI sebagai pendamping Timnas U-17. Dia bahkan sudah bertolak ke Bali untuk bergabung dengan skuad Garuda Asia yang tengah melakoni uji coba lawan Barcelona dan Kashima.

Nah, mengenai deskripsi kerja Wormuth di Timnas U-17, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjelaskan, eks pelatih Groningen itu akan jadi sosok di balik layar. Artinya, dia akan berada di belakang pelatih utama, Bima Sakti.

"Dia sudah menyepakati job desk-nya. Jadi, pendamping pelatih itu ada di belakang pelatih. Dia meninjau masukan-masukan yang diberikan pelatih atau meninjau kondisi pemain," kata Erick dalam sesi jumpa pers di Gelora Bung Karno (GBK), Rabu (2/8/2023).

Baca Juga: Frank Wormuth Datang Agustus, Magang 4 Bulan di Timnas U-17

1. Kewenangan Wormuth tak akan melebihi Bima Sakti

Frank Wormuth Bakal Bekerja di Timnas U-17 dari Balik LayarPelatih Timnas U-17, Bima Sakti. (pssi.org)

Erick juga menjamin, kewenangan dari Wormuth ini tak akan melebihi Bima selaku pelatih utama. Dia hanya memberikan masukan, tetapi tidak akan memimpin latihan tim secara langsung.

"Dia (Wormuth) tidak akan melatih pemain karena itu over lap. Kalau pun harus memperbaiki sistem yang ada, dia akan mencontohkan dari pemain lain, bukan pemain yang ada di situ," tegas Erick.

2. Wormuth akan menetap di Indonesia sebulan

Frank Wormuth Bakal Bekerja di Timnas U-17 dari Balik LayarFrank Wormuth (YouTube.com/FC Groningen)

Awalnya, Wormuth direncanakan hanya akan menetap di Indonesia selama seminggu. Namun, eks pelatih Timnas U-20 Jerman itu akhirnya memutuskan untuk menetap di Indonesia selama sebulan, per awal hingga akhir Agustus 2023.

"Dia ternyata mau sebulan di Indonesia, melebihi kesepakatan yang cuma seminggu. Akan tetapi, ya sesuai kontraknya sampai Piala Dunia U-17 2023. Namun, nanti ada penjajakan (untuk perpanjangan)," ujar Erick.

3. Menemani tim selama di Jerman

Frank Wormuth Bakal Bekerja di Timnas U-17 dari Balik LayarFrank Wormuth (instagram.com/fcgroninge)

Erick juga mengungkapkan, Wormuth nantinya akan mempersiapkan segala keperluan Timnas U-17 saat melakoni pemusatan latihan (TC) di Jerman. Dia akan mencarikan lawan, serta menganalisis peningkatan apa yang harus dilakukan Timnas U-17.

"Di sana dia (Wormuth) akan menyiapkan fasilitas, upgrading skill apa, lawan bertanding siapa yang cocok untuk Timnas U-17, ini yang coba dia lihat. Supaya di Jerman nanti kita efektif dalam latihan dan tak perlu adaptasi panjang," kata Erick.

Baca Juga: PSSI Usulkan Timnas U-17 Main di Jakarta Selama Piala Dunia

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya