Inspeksi FIFA ke JIS Berlangsung Tertutup Selama 3 Jam

FIFA belum umumkan hasil inspeksi JIS

Jakarta, IDN Times - FIFA akhirnya datang ke Indonesia untuk mengecek kesiapan venue jelang Piala Dunia U-17 2023. Salah satu venue yang mereka cek adalah Jakarta International Stadium (JIS).

JIS jadi stadion pertama yang dicek oleh FIFA setibanya mereka di Indonesia. Pengecekan ini berlangsung pada Sabtu (29/7/2023). Selama tiga jam, dan berlangsung secara tertutup, otoritas sepak bola dunia itu memeriksa JIS.

1. Hadir sejak pagi, keluar di siang hari

Inspeksi FIFA ke JIS Berlangsung Tertutup Selama 3 Jamilustrasi trotoar jalan ke JIS. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Rombongan FIFA dan PSSI tiba di JIS pada pukul 08.00 WIB. Pantauan "IDN Times", rombongan ini menggunakan tiga kendaraan Toyota Innova bercorak hitam dan satu mobil Hiace. Rombongan ini juga dikawal mobil dinas kepolisian.

Awak media yang sudah berada di lokasi sedari pagi tidak diizinkan masuk oleh petugas penjaga pintu JIS. Alhasil, para jurnalis pun hanya menunggu di luar area stadion karena akses masuk stadion ditutup.

Kawasan JIS yang juga biasanya dipakai masyarakat berolahraga, juga sementara ditutup. Beberapa pesepeda yang ingin berolahraga lewat JIS lewat gerbang selatan, terpaksa berputar balik.

Pada pukul 12.00 WIB, iring-iringan mobil FIFA dan PSSI meninggalkan JIS. Merunut agenda, mereka melakukan inspeksi terhadap Lapangan Hoki, Lapangan ABC, Stadion Madya di GBK, Stadion Soemantri Brodjonegoro, dan Lapangan Aldiron.

Baca Juga: Heru Budi: Saya Tidak Pernah Katakan JIS Itu Ada Masalah

2. Semua kegiatan FIFA di Indonesia bersifat tertutup

Inspeksi FIFA ke JIS Berlangsung Tertutup Selama 3 JamPenampakan Jakarta International Stadium yang dipakai untuk IYC 2021. (IDN Times/Sandy Firdaus)

PSSI pun menjelaskan, agenda inspeksi FIFA ke JIS ini memang bersifat tertutup. Tidak cuma ke JIS, semua kegiatan inspeksi FIFA hingga 2 Agustus mendatang di Indonesia memang digelar secara tertutup. Hasil inspeksi JIS pun belum diumumkan.

"Semua kegiatan FIFA di Indonesia tertutup," ujar Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga kepada para jurnalis.

3. JIS menarik perhatian

Inspeksi FIFA ke JIS Berlangsung Tertutup Selama 3 JamPenampakan Jakarta International Stadium yang dipakai untuk IYC 2021. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Selain JIS, nantinya FIFA juga akan melakukan pengecekan ke beberapa kota, seperti Bandung (Si Jalak Harupat), Surabaya (Gelora Bung Tomo), dan Solo (Manahan). Inspeksi akan berlangsung mulai 28 Juli sampai 2 Agustus 2023.

JIS memang menarik perhatian. Sebelumnya, dalam surat FIFA, disebutkan stadion di Jakarta Utara ini harus direnovasi, terutama di bagian rumput yang menggunakan sistem karpet. Hal ini mengacu pada peninjauan PSSI bersama ahli rumput.

Baca Juga: Tunggu FIFA, Renovasi JIS Kemungkinan Rogoh Kocek APBN

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya