Kelebihan dan Kekurangan Timnas Indonesia Usai Bekuk Taiwan

Ada yang perlu dibenahi dan dipertahankan Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia akhirnya meraih kemenangan dalam laga internasional. Bersua Taiwan di Chang Arena, Kamis (7/10/2021) malam dalam laga leg pertama Kualifikasi Piala Asia 2023, skuad Garuda menang dengan skor tipis 2-1.

Gol-gol Indonesia dalam laga ini disumbangkan oleh Ramai Rumakiek dan Evan Dimas. Kemenangan ini jadi modal berharga Indonesia jelang laga leg kedua di venue yang sama, 11 Oktober mendatang.

Dari kemenangan ini juga, ada beberapa hal positif dan negatif yang harus dipertahankan dan dibenahi Indonesia. Apa saja hal positif dan negatif tersebut?

1. Pressing ketat di lini depan

Kelebihan dan Kekurangan Timnas Indonesia Usai Bekuk TaiwanTimnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (pssi.org)

Timnas Indonesia memeragakan permainan yang berbeda di pertandingan ini. Mereka aktif menekan, bahkan sejak Taiwan menguasai bola di lini pertahanan sendiri. Garis pertahanan Indonesia juga sangat tinggi.

Ini jadi hal positif yang tentunya harus dipertahankan Indonesia. Dengan menekan lawan secara agresif, lawan bakal sulit mengembangkan permainan. Itulah yang terjadi pada Taiwan di laga tadi. Sepanjang laga, mereka terkurung oleh tekanan Indonesia.

Baca Juga: [BREAKING] Timnas Indonesia Bekuk Taiwan

2. Kuat jaga bola

Kelebihan dan Kekurangan Timnas Indonesia Usai Bekuk TaiwanTimnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (pssi.org)

Bukan cuma menekan dengan agresif, Indonesia juga mampu mengalirkan bola cukup baik. Di sini, tampak peran Evan Dimas begitu vital. Dari tengah, dia mengatur suplai bola. Dia juga menjaga agar permainan terus mengalir, sehingga tekanan kepada Taiwan tetap bisa dilakukan.

Pada babak kedua, distribusi bola makin merata usai hadirnya Syahrian Abimanyu. Kemampuan Indonesia dalam menjaga aliran bola ini patut dipertahankan. Dengan aliran bola yang terjaga, Indonesia dapat mengatur tempo permainan sekaligus mendikte lawan.

3. Penyakit lama yang muncul

Kelebihan dan Kekurangan Timnas Indonesia Usai Bekuk TaiwanPemain Timnas Indonesia, Ramai Rumakiek, saat mencetak gol ke gawang Taiwan, Jumat (7/10/2021) / Dokumentasi PSSI

Meski banyak hal positif tercipta, ada juga beberapa sisi negatif yang kudu dibenahi Indonesia. Gol yang diciptakan Taiwan pada menit 91 mencerminkan, fokus para pemain Indonesia masih acap hilang di momen-momen penting.

Bukan hanya itu, Indonesia sejatinya menciptakan banyak peluang di laga ini. Namun, peluang-peluang itu tidak berbuah gol karena para pemain Indonesia tidak main klinis. Fokus dan klinis inilah yang harus diperbaiki Timnas Indonesia di leg kedua nanti, begitu juga di laga-laga lainnya kelak.

Baca Juga: Timnas Indonesia: Menang atau Pulang!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya