Kenangan 1974, Saat Pele Bertemu Soeharto di Indonesia

Pele pernah menyambangi Indonesia lho!

Jakarta, IDN Times - Legenda sepak bola Brasil, Pele, rupanya memiliki cerita tersendiri soal Indonesia. Saat masih berkarier sebagai pemain, dia rupanya pernah menyambangi tanah air.

Pada Desember 1974, Pele berkunjung ke Indonesia, tepatnya ke Jakarta. Di sini, dia bertemu dengan Presiden Indonesia saat itu, Soeharto, dan melakoni banyak kegiatan.

1. Pele sempat beri pelatihan sepak bola

Kenangan 1974, Saat Pele Bertemu Soeharto di IndonesiaPele. (diplomatasnews.com)

Selain bersua Soeharto, Pele juga memberikan pelatihan kepada para pesepak bola muda Indonesia di Yayasan Sekolah Sepak Bola. Pelatihan ini diberikan di Stadion Utama Senayan, yang kini malih nama jadi Gelora Bung Karno (GBK).

Selepas itu, Pele bersua Seoharto dan mereka membicarakan banyak peluang kerja sama, mulai dari ekonomi hingga sepak bola antara Indonesia dan Brasil. Pele juga membawa beberapa hadiah.

Baca Juga: Legenda Sepak Bola Dunia Pele Meninggal Dunia!

2. Pele beri hadiah kepada Soeharto

Kenangan 1974, Saat Pele Bertemu Soeharto di Indonesiapotret Pele (fifa.com)

Selepas berbincang hangat, Pele memberikan hadiah spesial bagi Soeharto. Dia memberikan hadiah berupa jersey sepak bola nomor punggung 10, serta medali khusus yang menandakan pensiunnya Pele dari sepak bola sebagai pemain, kepada Soeharto.

Bukan cuma untuk Soeharto, Pele juga memberikan hadiah kepada Anggota Dewan Komisaris PSSI saat itu, Barsodono. Dia memberikan hadiah berupa bola, yang sudah dibubuhi tanda tangannya.

3. Pele meninggal dunia

Kenangan 1974, Saat Pele Bertemu Soeharto di IndonesiaPele (goodseatsstillavailable.com)

Pele meninggal dunia pada Kamis (29/12/2022) waktu Brasil atau Jumat (30/12/2022) dini hari. Selama berkarier sebagai pemain, sudah banyak rekor yang dicatatkan eks penggawa Santos ini.

Pele jadi pemain yang sukses menjuarai tiga gelaran Piala Dunia, yakni pada 1958, 1962, dan 1970. Dia juga jadi pemain dengan rekor gol terbanyak, yakni 1.283 gol, plus pemain dengan hat-trick terbanyak, yakni 92 kali.

Baca Juga: Obituari Pele: Mimpi Bocah Miskin hingga Jadi Legenda Dunia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya