Kenapa PSSI Gelar Piala AFF U-16 di Yogyakarta? 

Awalnya Piala AFF U-16 akan dihelat di Jakarta dan Bekasi

Jakarta, IDN Times - PSSI ternyata memiliki alasan tersendiri kenapa menggelar ajang Piala AFF U-16 2022 di Yogyakarta. Pada awalnya, gelaran ini bakal dihelat di Jakarta dan Bekasi, sama seperti gelaran U-19.

Namun akhirnya Piala AFF U-16 2022 berpindah tempat ke Yogyakarta. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, mengatakan pemindahan lokasi Piala AFF U-16 2022 digelar di Yogyakarta karena harga sewa stadion.

"Karena biaya sewa stadion (Patriot dan Madya) sangat mahal dan berbeda dengan sewa stadion di Yogyakarta," ujar Yunus kepada para pewarta, Rabu (13/7/2022).

1. AFF tidak mendanai turnamen U-16

Kenapa PSSI Gelar Piala AFF U-16 di Yogyakarta? Sekjen baru PSSI, Yunus Nusi. (pssi.org)

Yunus juga mengungkapkan, bahwa AFF tidak mendanai ajang U-16 ini. Pendanaan pun dilimpahkan kepada tuan rumah, sehingga jika ajang ini dihelat di Jakarta dan Bekasi, hal itu akan membuat PSSI kewalahan.

"Terkait pembiayaan, AFF tidak memberikan dana untuk ajang ini dan dilimpahkan langsung kepada host. Sehingga kami akan kewalahan apabila [ajang] youth saja dilaksanakan di Madya dan Bekasi," ujar Yunus.

Baca Juga: Potret Perjuangan Timnas U-19 yang Tersingkir di Piala AFF U-19 2022

2. Piala AFF U-16 2022 dihelat di dua stadion

Kenapa PSSI Gelar Piala AFF U-16 di Yogyakarta? Stadion Maguwoharjo (instagram.com/stadion_maguwoharjo)

PSSI pun akhirnya menunjuk Stadion Maguwoharjo di Sleman, dan Stadion Sultan Agung di Bantul, sebagai venue untuk gelaran Piala AFF U-16. Sejatinya, PSSI tidak perlu khawatir dengan kualitas dari dua stadion ini.

Maguwoharjo adalah stadion representatif yang sudah sering menggelar ajang Liga 1 dan juga beberapa laga uji coba internasional. Pun dengan Stadion Sultan Agung yang memiliki kualitas mumpuni sebagai stadion penopang di Yogyakarta.

3. Piala AFF U-16 2022 dihelat pada 31 Juli

Kenapa PSSI Gelar Piala AFF U-16 di Yogyakarta? Skuat Timnas U-16. (Website/pssi.org)

Gelaran Piala AFF U-16 2022 ini bakal dihelat pada 31 Juli hingga 12 Agustus mendatang. Ada 12 negara yang akan turut serta dalam ajang ini, termasuk Vietnam, Thailand, Malaysia, Myanmar, Singapura, hingga Australia.

Timnas U-16 Indonesia tergabung di Grup A dalam ajang Piala AFF U-16 2022 ini, bersama Vietnam, Filipina, dan Singapura. Grup B diisi Thailand, Timor Leste, Laos, dan Brunei Darussalam, sedangkan Grup C diisi Malaysia, Australia, Myanmar, dan Kamboja.

Baca Juga: Potret Perjuangan Timnas U-19 yang Tersingkir di Piala AFF U-19 2022

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya