Comscore Tracker

Kronologi Senegal Terancam Sanksi FIFA di Piala Dunia 2022

Semua gara-gara sesi jumpa pers

Jakarta, IDN Times - Baru saja Senegal mulai berpesta, kabar buruk sudah menghampiri. FIFA dikabarkan akan melakukan investigasi kepada wakil Afrika itu, terkait pelanggaran yang dilakukan di Piala Dunia 2022.

Dilansir Sport Bible, ada satu tindakan dari Senegal yang pada akhirnya, bikin Komite Disiplin FIFA curiga. Tindakan ini terjadi saat Senegal melakoni laga terakhir lawan Ekuador di fase grup. Tindakan apa itu?

1. Gara-gara tak ada pemain ikut konpers

Kronologi Senegal Terancam Sanksi FIFA di Piala Dunia 2022Pemain Senegal melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang tuan rumah Qatar dalam laga Grup A Piala Dunia 2022 itu, Senegal menang 3-1 (Twitter/@WorldCup2022)

Berdasarkan regulasi Piala Dunia 2022 yang diterbitkan FIFA, setiap tim wajib mengirimkan pelatih dan satu pemain dalam sesi konferensi pers H-1 jelang laga. Hal ini pun, tak terkecuali, berlaku bagi Senegal.

Nah, dalam sesi jumpa pers H-1 jelang lawan Ekuador, Senegal tidak memenuhi aturan ini. Awalnya, selain sosok Aliou Cisse selaku pelatih, Senegal mengutus Kalidou Koulibaly untuk datang ke sesi jumpa pers.

Akan tetapi, pada praktiknya, Koulibaly tidak hadir sehingga Cisse harus bicara sepanjang 40 menit lamanya sendirian. Tindakan inilah yang memancing Komite Disiplin FIFA beraksi.

Baca Juga: Rekor Timnas Senegal di Piala Dunia, Kesuksesan 2002 Bisa Terulang?

2. Apa saja aturan yang dilanggar Senegal?

Kronologi Senegal Terancam Sanksi FIFA di Piala Dunia 2022Timnas Senegal di Piala Dunia 2022 (instagram.com/footballsenegal)

Dalam pernyataan resminya, FIFA menyebut ada beberapa aturan yang dilanggar oleh Senegal. Aturan pertam adalah pasal 44 soal regulasi Piala Dunia 2022, plus turunnya soal aturan media dan pemasaran, serta handbook tim.

"Komite Disiplin FIFA telah membuka investigasi terkait potensi pelanggaran aturan Piala Dunia 2022 oleh Senegal. Potensi pelanggaran ini terjadi dalam sesi jumpa pers sebelum laga pada 28 November, antara Ekuador lawan Senegal," ujar pernyataan resmi FIFA.

3. Hukuman yang berpotensi didapat Senegal

Kronologi Senegal Terancam Sanksi FIFA di Piala Dunia 2022Timnas Senegal jelang laga vs Ekuador di penyisihan Grup A Piala Dunia 2022 (Twitter.com/FIFAWorldCup)

Tindakan yang dilakukan Senegal ini bukan yang pertama terjadi di Piala Dunia 2022. Sebelumnya, Jerman juga melakukan hal serupa dalam sesi jumpa pers H-1 laga lawan Spanyol. Ketika itu, hanya Hansi Flick yang datang.

Buah dari tindakan mereka, FIFA pun menghukum Jerman dengan denda sebesar 8.800 poundsterling (sekitar Rp166,3 juta). Kemungkinan, Senegal juga akan menerima denda serupa, di tengah kelolosan ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Senegal Terancam Sanksi FIFA Jelang 16 Besar Piala Dunia 2022, Kenapa?

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya